Makanan kelinci bisa dibuat dari bahan-bahan yang ada di sekitar kita, Makanan kelinci yang akan di buat ini lebih condong untuk makanan kelinci pedaging karena makanan kelinci pedaging tergolong banyak, karena memang tujuannya agar kelinci gemuk, berbeda dengan kelinci hias, sehingga biaya yang dikeluarkan juga banyak, untuk meminimalkan pembiayaan dalam pembelian pakan maka solusi terbaiknya adalah dengan membuat pakan sendiri.

Adapun bahan yang dibutuhkan dan cara membuat pakan kelinci sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan daun hijau seperti daun pepaya, daun pisang, rumput dan sebagainya dengan syarat tidak berduri dan tidak bergetah, potong kecil agar mudah saat dicampur dengan bahan lain
  2. Siapkan ubi jalar parut dengan parutan keju atau sejenisnya
  3. Ampas tahu
  4. Campurkan ketiga bahan tersebut

Dibalik pemilihan bahan-bahan tersebut adalah sesuai kandungan nutrisinya, daun hijau untuk serat, ubi untuk karbohidrat, dan ampas tahu untuk proteinnya. Setelah semua dicampur bisa langsung diberikan pada kelinci.  

Pembuatan pakan kelinci fermentasi

Langkah awal untuk membuat pakan kelinci fermentasi sama dengan pembuatan pakan tanpa fermentasi akan tetapi dalam pemilihan daun hijau disarankan menggunakan daun yang tidak mudah hancur atau busuk jika terendam air seperti contoh daun pisang.

Dan juga tambahkan bekatul dan EM 4, dan campurkan bahan jadi satu dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara.

Ciri-ciri proses fermentasi yang berhasil adalah bahan yang sudah dicampur tersebut tidak berbau busuk akan tetapi berbau seperti tape, ampas tahu tidak berjamur, dan juga daun tidak busuk.

Keuntungan dari pakan fermentasi selain menghemat dalam pembelian pakan yaitu pakan lebih tahan lama bahkan bisa sampai 2 minggu lebih.

Demikian penjelasan tahapan cara membuat pakan kelinci sendiri, semoga bisa menambah wawasan dan menjadi inspirasi buat anda.

Anda bisa bergabung dengan komunitas peternak (Komunitas HCS) untuk sharing mengenai budidaya ternak lele, ternak unggas ataupun ternak lainnya, klik di sini untuk bergabung.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tips Membeli Kelinci Untuk Budidaya Kendala yang biasa dialami para pemula dalam budidaya kelinci diantaranya kelinci mati karena mencret atau bahkan mati mendadak tanpa tau apa sebabnya...
Panduan Lengkap Budidaya Kelinci Kelinci menjadi salah satu hewan peliharaan di rumah yang banyak disukai, Budidaya kelinci didasarkan dari berbagai keperluan, ada yang untuk kelinci ...
Makanan Yang Baik Dan Sehat Untuk Kelinci Jika anda berencana untuk memelihara atau beternak kelinci anda harus benar-benar mengetahui teknik merawat kelinci yang benar agar meminimalkan resik...