Jika anda berencana untuk memelihara atau beternak kelinci anda harus benar-benar mengetahui teknik merawat kelinci yang benar agar meminimalkan resiko kegagalan.

Salah satu hal penting dalam perawatan kelinci adalah pemberian pakan, agar kelinci yang anda pelihara dapat tumbuh dengan baik, pasalnya jika salah dalam memberi pakan kelinci bisa sakit dan bahkan mati.

Untuk itu anda harus mengetahui beberapa jenis makanan yang baik dan sehat untuk kelinci, berikut ini penjelasannya :

  1.  Rumput dan Hay

Rumput hijau banyak mengandung serat yang sangat baik bagi kelinci. Terutama rumput jenis alfafa dan timothy.

Sedangkan hay adalah sejenis jerami kering atau rumput yang dikeringkan sehingga tidak ada kadar airnya. Hay bisa dari rumput alfafa atau timothy.

Banyak orang yang beranggapan rumput dan hay kurang sehat buat kelinci, padahal hampir 80 % kelinci membutuhkan jenis pakan yang satu ini apalagi untuk kelinci betina yang sedang hamil atau menyusui.

  1.  Sayuran

Sayuran juga baik untuk pertumbuhan kelinci, namun rumput dan hay masih lebih bagus jika dibandingkan dengan sayuran. Sayuran juga bermacam-macam ada yang hijau dan ada yang tidak, seperti wortel, kol dan sebagainya asalkan tidak mengandung pestisida.

Manfaat sayuran bagi kelinci salah satunya adalah dapat mencegah diare, dehidrasi dan penyakit lainnya.

  1.  Pelet

Jenis makanan kelinci yang ketiga ini bukanlah makanan alami. Namun makanan buatan manusia dengan berbagai bahan racikan yang sudah disesuaikan gizi, nutrisi, protein dan seratnya.

Meski demikian disarankan agar pemberian pakan pelet jika memang terpaksa atau dibatasi hanya 20%.

Sebab kadang tekstur dari pelet sangat tidak sesuai dengan kondisi sistem pencernaan kelinci. Terlebih lagi beberapa pakan yang dijual di pasar merupakan pakan buatan rumahan yang kualitasnya tidak terjamin. Jadi jika memang terpaksa carilah pelet dengan merek terkenal dengan komposisi yang pas buat kelinci hias maupun pedaging.

Hindarilah penggunaan pelet secara berlebih. Jika kelebihan pelet umumnya kelinci akan sering mencret, dehidrasi dan akhirnya mati.

  1.  Buah-Buahan

Pada hakikatnya kelinci tidak makan buah-buahan, meskipun berada di alam liar, karena buah-buahan mengandung gula yang berlebih, sehingga tidak cocok dijadikan makanan pokok untuk kelinci. Akan tetapi diberikan sesekali sebagai selingan, namun pilihlah buah yang kadar gulanya rendah, seperti pisang, nanas, apel, pepaya dan kesemek.

Meskipun kelinci sudah memakan rumput atau sayuran yang banyak mengandung air, kelinci tetap membutuhkan minuman agar tidak dehidrasi.

Minuman kelinci hanya air putih saja, tapi lebih baik lagi kalau ditambah vitamin khusus.

Demikian tadi makanan yang baik dan sehat untuk kelinci beserta penjelasannya, semoga menjadi inspirasi buat anda dalam budidaya kelinci.

Anda bisa bergabung dengan komunitas peternak (Komunitas HCS) untuk sharing mengenai budidaya ternak kelinci, ternak unggas ataupun ternak lainnya, klik di sini untuk bergabung.

Semoga bermanfaat.