Cara Stek / Sambung Pucuk Bunga Kertas

Bunga kertas memiliki beragam warna, antara lain merah terang, merah pucat, oranye, putih, ungu, dan masih banyak lagi. Perbedaan warna tersebut umumnya dihasilkan dari pohon yang berbeda.

Akan tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi pertanian, kini sering kita jumpai beragam warna bunga kertas yang terdapat dalam satu pohon.

Untuk membuatnya ternyata cukup mudah yaitu dengan melakukan sambung pucuk/grafting pada tanaman bunga kertas, dengan memilih entres dari tanaman yang memiliki warna bunga yang diinginkan.

Pada prinsipnya, sambung pucuk/grafting adalah menggabungkan dua bagian tanaman yang masih hidup sedemikian rupa sehingga keduanya dapat bergabung menjadi satu tanaman yang utuh yang memiliki sifat kombinasi antara dua organ atau jaringan yang digabungkan tersebut.

Dua bagian tanaman yang disatukan pada umumnya adalah batang bawah dan batang atas. Bagian batang bawah yang memiliki perakaran dan menerima sambungan disebut dengan rootstock, understock, ataupun stock, sedangkan bagian atas yang digunakan untuk menyambung disebut dengan entres.

Dua bagian tersebut harus siap dalam waktu bersamaan, bagian yang pertama adalah batang bawah yang bertugas untuk bertanggung jawab dalam sistem perakaran dan yang kedua adalah batang atas yang didapatkan dari pohon induk untuk kemudian disambungkan ke batang bawah.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sambung pucuk bunga kertas selengkapnya, mari simak penjelasannya berikut ini :

ALAT DAN BAHAN

  •  Tanaman bunga kertas yang akan disambung
  • Entres dari jenis bunga yang berbeda warnanya
  • Pisau okulasi/ pisau apa saja asalkan tajam
  • Plastik okulasi PE 02/plastik es lilin untuk mengikat sambungan
  • Plastik transparan untuk sungkup

PERSIAPAN ENTRES

Pohon induk bunga kertas yang akan diambil entresnya harus berasal dari tanaman yang sehat serta terbebas dari serangan hama dan penyakit dan tentunya dengan warna bunga yang berbeda dari tanaman yang ada.

Ambil entres dari pohon induk berupa cabang yang tidak terlalu tua dan tidak pula terlalu muda, ujungnya tidak sedang tumbuh (tidak terdapat daun muda/cabang dorman), potong entres dari pohon induk sepanjang 20-25 cm.

Pangkas semua daun dan bunganya jika ada untuk mencegah terjadinya penguapan yang tinggi, sisakan beberapa daun di ujungnya. Pada saat pemangkasan daun lakukanlah dengan hati-hati agar tidak mengenai mata tunas, karena mata tunas berada pada ketiak daun.

TAHAP PENYAMBUNGAN

Tentukan dahan dari tanaman bunga kertas (batang bawah) yang akan disambung, pilih dahan yang telah tua, kemudian potong dahan tersebut.

Dahan yang telah dipotong kemudian dibelah sekitar 2-2,5 cm dengan menggunakan pisau atau cutter tepat di tengah sehingga kedua sisinya sama.

Entres yang sudah siap untuk disambungkan kemudian disayat kanan kirinya agar membentuk lancip seperti baji.

Sisipkan entres pada belahan batang bawah, upayakan ukuran batang atas dan bawah kurang lebih sama, usahakan sambungan serapat mungkin dan tidak terdapat rongga.

Kemudian ikat sambungan, jika menggunakan plastik es untuk mengikat maka ditarik terlebih dahulu agar memanjang kemudian dibelah menggunakan cutter/pisau.

Ikat sambungan menggunakan plastik PE atau plastik es tersebut, dengan cara melilitnya yang dimulai dari bagian bawah ke atas dengan sistem pemasangan genting.

Sungkup sambungan menggunakan plastik transparan untuk menghindari masuknya air yang berlebihan pada sambungan dan agar terhindar dari hama yang dapat merusak sambungan, ikat sungkup agar tidak mudah lepas. 

Plastik sungkup dapat dibuka jika sambungan telah tampak berhasil yang ditandai dengan entres yang teap hijau dan tidak layu, biasanya 1-2 minggu sejak penyambungan, adapaun untuk pengikat sambungan dapat dibuka jika sambungan sudah benar-benar menyatu.

Demikian ulasan mengenai sambung pucuk bunga kertas, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit bunga kertas/bunga bougenville ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi : Channel Youtube Anak Petani    

Artikel ini berkaitan dengan : cara stek bunga kertas, cara okulasi bunga kertas