Sambung Pucuk Belimbing Bangkok Merah

Salah satu metode pembibitan vegetatif pada tanaman belimbing bangkok merah yang dapat menghasilkan bibit unggul yang cepat berbuah adalah metode sambung pucuk atau grafting.

Apa itu sambung pucuk? Sambung pucuk adalah menggabungkan dua bagian tanaman yang masih hidup sedemikian rupa sehingga keduanya dapat bergabung menjadi satu tanaman yang utuh yang memiliki sifat kombinasi antara dua organ atau jaringan yang digabungkan tersebut.

Dua bagian tanaman yang disatukan adalah batang bawah/seedling yang berupa bibit yang ditanam dari biji dari belimbing lokal/belimbing apa saja dan batang atas/entres dari pohon belimbing bangkok merah yang sudah pernah berbuah.

Untuk mengetahui bagaimana cara sambung pucuk belimbing bangkok merah, berikut ini kami ulas penjelasannya.

BAHAN DAN ALAT

  • Batang bawah dan batang atas
  • Plastik okulasi, grafting tape, plastik PE 02 atau plastik es lilin untuk mengikat sambungan
  • Plastik untuk sungkup
  • Pisau okulasi, atau pisau apa saja asalkan tajam dan steril

PERSIAPAN BATANG BAWAH

Batang bawah yang digunakan untuk sambung pucuk adalah bibit tanaman belimbing lokal atau belimbing apa saja yang berasal dari penanaman biji yang telah berumur 3 bulan atau kurang lebih batangnya sudah sebesar pensil, bibit biasanya ditanam di polybag. Pilihlah bibit yang sehat, pertumbuhannya bagus, batang tegak dan kokoh.

BATANG ATAS/ENTRES

Sedangkan entres untuk batang atas yang disambungkan diambil dari pohon belimbing bangkok merah induk. Pohon induk belimbing bangkok merah yang akan diambil entresnya harus berasal dari varietas unggul, sudah pernah berbuah, produktivitas tinggi, sehat serta terbebas dari serangan hama dan penyakit.

Ambil entres dari pohon induk belimbing bangkok merah berupa cabang yang ujungnya tidak sedang tumbuh (tidak terdapat daun muda/cabang dorman), sudah mulai muncul mata tunas (di ketiak daun) yang nantinya akan menjadi tunas baru, potong entres terpilih tersebut dari pohon induk.

Pilihlah entres yang tidak terlalu tua dan tidak pula terlalu tua yang ditandai dengan warna coklat muda. Bisa dikatakan entres tersebut adalah masih ABG atau masa pertumbuhan yang sangat bagus untuk dijadikan entres sambungan.

Dalam pemulihan entres ini usahakan diameter batang entres kurang lebih sama dengan diameter batang bawah dimana akan dilakukan penyambungan.

Pangkas semua daun dan rantingnya, dan pada saat pemangkasan daun lakukanlah dengan hati-hati agar tidak mengenai mata tunas, karena mata tunas berada pada ketiak daun.

TAHAP PENYAMBUNGAN

Jika biasanya metode penyambungan dilakukan dengan membelah batang bawah dan menyimpan batang atas pada batang bawah, namun sebenarnya ada juga metode yang lain yaitu dengan menyayat miring/menyerong pada batang bawah dan batang atas, lalu menempelkan dan mengikatnya.

Sebenarnya metode ini tidak jauh beda, langkah pertama yaitu memotong batang bawah pada ketinggian kurang lebih 1 jengkal orang dewasa dari permukaan polybag, lalu sayat miring/menyerong salah satu sisi pada ujung batang bawah tersebut sepanjang 3 cm. Usahakan penyayatan ini selurus mungkin agar nantinya sambungan dapat menempel sempurna.

Entres yang sudah siap untuk disambungkan juga disayat menyerong salah satu sisinya, usahakan sayatan dibuat selurus mungkin agar sambungan rapat dan menempel dengan sempurna. Panjang entres kira-kira 10 cm dan minimal memiliki 2-3 mata tunas.

Tempelkan entres yang telah disayat pada sayatan batang bawah, usahakan penempelan serapat mungkin dan tidak terdapat rongga. Kemudian ikat sambungan, menggunakan plastik okulasi. Pengikatan dilakukan dari bawah ke atas atau sistem genteng dan usahakan serapat mungkin agar saat hujan tidak ada air yang masuk karena dapat menyebabkan gagalnya sambung pucuk.

Selanjutnya sungkup sambungan menggunakan plastik transparan/plastik es lilin hingga seluruh bagian entres dan sabungan tertutup.

Letakkan bibit sambungan di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, baik itu di bawah naungan pohon, paranet atau green house.

Dalam waktu 3 minggu sudah mulai tumbuh tunas pada entres dan plastik sungkup harus segera dibuka agar pertumbuhan tunas tersebut tidak terganggu

Setelah kurang lebih 1,5 bulan sejak penyambungan biasanya tunas-tunas sudah tumbuh semakin banyak dan memanjang dan dapat diletakkan di area yang mendapat sinar matahari penuh agar pertumbuhannya lebih optimal.

Bibit tanaman belimbing bangkok merah hasil sambung pucuk sudah dapat ditanam pada lahan penanaman maupun pot setelah berusia 3 bulan sejak penyambungan.

Demikian ulasan mengenai cara Sambung Pucuk Belimbing Bangkok Merah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit belimbing bangkok merah ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ProShelter Edukasi