Perbedaan Pala Jantan dan Betina

Pala (Myristica fragrans Hoult.) termasuk tanaman rempah yang berasal dari Kepulauan Maluku, berupa pohon dan menghasilkan buah. Pala merupakan tanaman berumah dua, yaitu tanaman pala jantan dan betina terpisah dalam pohon yang berbeda. Namun demikian, dapat juga dijumpai tanaman yang bunga jantan dan betinanya terdapat dalam satu pohon yang sama (monoecious).

Perbedaan jenis kelamin pada pohon pala ini penting untuk diketahui sejak dini bahkan sejak masih benih. Tujuannya agar dapat memberikan jaminan bahwa tanaman yang ditanam di kemudian hari benar-benar dapat menghasilkan buah. Hal ini dikarenakan pohon pala jantan hanya berbunga dan tidak bisa menghasilkan buah. Namun keberadaannya penting dalam peran membantu penyerbukan pohon pala berjenis kelamin betina. Namun demikian, penanaman pala berjenis kelamin jantan dalam jumlah yang banyak akan merugikan petani, karena kebun pala menjadi kurang produktif.

Jenis kelamin pala ini dapat diketahui dari berbagai ciri yang ada pada biji, daun, percabangan dan bunganya yang mana antara pala jantan dan betina memiliki perbedaan yang mudah dilihat.  

Untuk mengetahui perbedaan pala jantan dan betina, berikut ini kami ulas penjelasannya.

BENTUK BIJI

Bentuk biji pala jantan dan betina memiliki perbedaan yang mencolok antara keduanya. Biji pala jantan memiliki bentuk yang lancip dan menonjol pada ujungnya, sedangkan biji pala betina bentuknya bulat tumpul tidak lancip atau tanpa tonjolan.

BENTUK DAUN

Tanaman pala jantan dan betina memiliki bentuk daun yang berbeda dan dapat dengan mudah dibedakan. Daun pala jantan memiliki bentuk yang lebih lebar dan lebih membulat, sedangkan daun pala betina bentuknya lebih sempit dan lancip.

 

BENTUK PERCABANGAN

Perbedaan tanaman pala jantan dan betina juga dapat dilihat dari bentuk percabangannya. Pada tanaman pala jantan percabangannya datar/lurus ke samping bahkan terkadang lebih condong ke bawah, sedangkan pada tanaman pala betina percabangannya agak mengarah ke atas.

BENTUK BUNGA

Pada bunganya juga menunjukkan perbedaan antara pala jantan dan betina. Ketika dibuka, bagian dalam bunga jantan terlihat panjang dan tidak bulat, sedangkan bunga betina bentuknya lebih pendek dan agak bulat.

Demikian ulasan mengenai perbedaan pala jantan dan betina, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli biji pala ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Seni Budidaya Tanaman, Mahesa Bibit Purworejo, Kebun Kita Sejahtera