Hama penggerek buah kakao (PBK) Conopomorpha cramerella merupakan hama tanaman kakao yang paling penting saat ini dan memiliki bioekologi yang khas. Hama ini sulit dideteksi keberadaannya dan sulit dikendalikan karena selama stadium larva berada dalam buah kakao.

Hama penggerek buah kakao adalah serangga yang bermetamorfosis sempurna. Siklus hidupnya dimulai dari telur yang berubah menjadi larva. Dari larva menjadi imago (serangga dewasa) yang akan berkembang biak untuk memulai siklus hidup lagi. Lamanya waktu yang dibutuhkan dalam satu siklus kurang dari 35 hari.

Imago betina penggerek buah kakao berumur 5-7 hari. Dalam kurun waktu tersebut bisa menghasilkan 100 – 200 butir telur. Hama ini meletakkan telurnya di permukaan buah kakao yang berusia 3 – 4 bulan.

Dalam waktu kurang dari 7 hari, telur-telur tersebut akan menetas dan keluarlah larva-larva yang lantas menggerek kulit dan masuk ke dalam buah kakao. Larva ini tumbuh dewasa di dalam buah, melahap plasenta dan daging buah yang membungkus biji kakao.

Setelah 14 hari tinggal di dalam buah kakao, larva dewasa akan menggerek ke luar buah. Kemudian turun ke permukaan tanah untuk mencari daun kering yang akan digunakannya sebagai media hidup selama menjalani fase kepompong atau pupa. Setelah 7 hari menjalani fase kepompong, serangga ini berubah menjadi imago. Imago tersebut akan terbang, kawin, dan hinggap ke buah-buah kakao untuk meletakan telurnya.

Hama PBK menyerang buah muda sampai buah tua. Buah muda yang terserang tampak belang berwarna hijau kekuningan. Buah yang terserang bila dibelah tampak nekrosis (coklat) pada bagian daging buah dan plasenta, biji lengket dan tidak berisi, banyak hampa.

Akibat serangan hama ini bisa menimbulkan kerugian yang sangat fatal, produksinya bisa turun sampai mencapai 50%, bahkan mutu kakao yang dihasilkan sangat jelek, sehingga  hasil ataupun pendapatan yang diperoleh semakin sedikit.

Mengingat semakin luasnya penyebaran hama PBK dan besarnya kerugian yang ditimbulkannya maka perlu segera diupayakan metode pengendalian yang efektif dan efisien.

Untuk mengetahui cara Pengendalian Hama Penggerek Buah Kakao silakan simak penjelasannya berikut ini.

Pengendalian hama PBK dapat dilakukan secara teknis dan kimiawi.

PENGENDALIAN MEKANIS

Pengendalian secara mekanis adalah pengendalian hama penyakit secara fisik, yakni perlakuan langsung terhadap tanaman baik menggunakan alat tertentu maupun secara manual.

Pengendalian secara mekanis diantaranya adalah dengan penanaman klon tahan PBK, melakukan sanitasi kebun, melakukan pemupukan berimbang, melakukan pemangkasan secara periodik, Melakukan panen sering pada saat buah masak awal dengan rotasi 1 minggu untuk memutus siklus hidup dari PBK, melakukan penyarungan buah muda berukuran 5–8 cm dengan plastik serta Memelihara predator PBK berupa semut hitam (Dolichoderus thoracicus).

PENGENDALIAN KIMIAWI

Pengendalian hama penyakit secara kimiawi adalah pengendalian dengan menggunakan zat kimia. Pengendalian hama ini biasa dilakukan dengan penyemprotan zat kimia pada bagian tanaman. Karena PBK ini disebabkan oleh sejenis serangga maka maka pengendaliannya dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida.

Hal penting yang perlu diingat bahwa kunci keberhasilan dalam melakukan penyemprotan insektisida ini adalah melakukannya secara rutin minimal 2 kali dalam 1 bulan selama masa pembesaran buah. Karena siklus hidup hama PBK cukup singkat yaitu kurang dari 2 minggu.

Penyemprotan buah ini dimulai sejak buah kakao yang sudah seukuran batu baterai sedang hingga buah telah matang.

Adapun insektisida yang digunakan adalah yang memiliki bahan aktif lamda sihalotrin dan tiametoksam seperti merek dagang Alika atau bisa juga menggunakan Regent dengan  bahan aktif fipronil atau menggunakan insektisida Scud dengan bahan aktif sipermetrin.

Sasaran penyemprotannya adalah buah kakao dimana targetnya yaitu PBK berada pada buah. Adapun dosis penggunaannya sesuaikan saja dengan dosis yang tertera pada label kemasan.

Demikian ulasan mengenai Pengendalian Hama Penggerek Buah Kakao, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli insektisida, benih kakao ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube LANDUH