Pemupukan merupakan proses untuk memperbaiki atau memberikan tambahan unsur-unsur hara pada  tanah, baik secara langsung atau tidak langsung, agar dapat memenuhi kebutuhan bahan makanan pada tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal, terlebih saat tanaman memasuki fase generatif.

Begitu juga dengan tanaman terong, saat tanaman terong sudah memasuki fase generatif atau pembungaan, agar menghasilkan terong yang lebat dan tidak mudah rontok maka tanaman terong pada fase ini perlu diberi nutrisi melalui pemupukan.

Untuk lebih jelasnya apa saja bahan-bahan pupuk yang dibutuhkan dan bagaimana cara aplikasi serta berapa dosisnya? Berikut ini penjelasan mengenai Pemupukan Tanaman Terong Fase Generatif selengkapnya.

WAKTU PEMUPUKAN

Pemupukan bunga dan buah tanaman terong dilakukan pada saat tanaman memasuki fase generatif atau fase pembungaan dan pembuahan yaitu pada usia kurang lebih 31 HST.

PUPUK DAN DOSIS

  1. Pupuk NPK 12-12-17, pupuk ini memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yaitu 17% yang sangat baik untuk proses pembungaan dan pembuahan.
  2. Pupuk KNO3 Putih, pupuk ini dipilih karena memiliki kandungan kalium (K2O) yang cukup tinggi yaitu 46%, yang bermanfaat untuk mempercepat pembungaan dan pembuahan, meningkatkan mutu, kualitas dan bobot buah sehingga tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Adapun dosisnya adalah 5 sendok makan  pupuk NPK  dan 5 sendok makan pupuk KNO3 Putih, dosis tersebut untuk dilarutkan dengan 10-15 liter air. Pupuk perlu dilarutkan terlebih dahulu karena pemupukan akan dilakukan dengan cara dikocor/disiramkan. Tujuan dari pemupukan dengan cara dikocor ini adalah agar pupuk lebih mudah diserap oleh tanaman terlebih saat cuaca sangat panas seperti sekarang ini.

CARA DAN DOSIS APLIKASI

Larutkan semua pupuk sesuai dosis yang telah disebutkan di atas ke dalam 10 liter air, aduk hingga larut dan tercampur merata. Aplikasikan larutan pupuk tersebut dengan mengocorkan/menyiramkannya di sekitar pangkal batang tanaman dengan dosis 3 gelas per tanaman dewasa.

Demikian ulasan mengenai Pemupukan Tanaman Terong Fase Generatif, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk, benih terong ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN