Untuk menyemai benih cabe tentunya dibutuhkan media semai yang baik dan subur agar bibit yang dihasilkan dapat tumbuh dengan optimal. Lantas apa saja kriteria media yang baik dan subur tersebut? Media semai yang baik dan subur setidaknya memiliki 4 kriteria, yaitu:

  1. Memiliki cukup unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.
  2. Mengandung mikroorganisme baik yang bagus untuk tanah dan tanaman.
  3. Memiliki kegemburan atau porositas yang bagus.
  4. Memiliki pH atau tingkat keasaman yang netral.

Untuk membuat media dengan kriteria tersebut apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ini ulasan mengenai cara membuat media semai cabe selengkapnya.

BAHAN MEDIA SEMAI

  1. Tanah, tanah yang paling bagus untuk media penyemaian adalah tanah di bawah pohon bambu karena biasanya mengandung suplai nitrogen yang cukup tinggi. Sebelum digunakan ayak terlebih dahulu agar menjadi media yang halus.
  2. Pupuk kandang/kohe kambing, sebagaimana tanah sebelum digunakan ayak terlebih dahulu menjadi bahan media yang halus.
  3. Sekam bakar, sekam bakar ini berfungsi untuk meningkatkan porositas media semai, selai itu juga memiliki kandungan unsur hara berupa silica yang berfungsi untuk memperkuat postur dari bibit yang disemaikan.
  4. Pasir, sebelum digunakan ayak terlebih dahulu untuk memisahkannya dari sampah ataupun benda-benda asing yang tidak dibutuhkan.
  5. Kapur dolomit, untuk menetralkan pH tanah sehingga keasaman tanah menjadi netral dan sesuai untuk pertumbuhan bibit.

Setelah semua bahan siap, tahapan selanjutnya adalah mencampurkan semua bahan media semai tersebut dengan perbandingan antara tanah, pupuk kandang, pasir dan sekam bakar yaitu 2:2:1:1, tambahkan sedikit kapur dolomit untuk menetralkan pH tanah kemudian aduk hingga tercampur merata.

Tambahkan pula MOL atau mikroorganisme lokal untuk menekan jamur, bakteri ataupun patogen yang mungkin ada pada media semai. Caranya adalah dengan mencampurkan MOL dengan air bersih dengan perbandingan 1:10. Tambahkan gula pasir sebagai sumber makanan mikroorganisme pada MOL dengan takaran 1 sendok makan untuk 0,5 liter, aduk hingga larut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga mikroorganisme dari MOL benar-benar aktif. Siramkan sedikit demi sedikit hingga merata dan cukup lembab saja sehingga kondisi media tetap gembur dan tidak becek.

Setelah selesai, diamkan media semai tersebut selama 3 hari agar terjadi proses fermentasi. Dan setelah 3 hari maka akan dihasilkan media persemaian cabe yang sempurna.

Demikian ulasan mengenai cara membuat media semai cabe, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk, benih cabe ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK