Pemupukan Susulan Pertama Pepaya California

Salah satu penunjang kesuburan tanaman pepaya california adalah terpenuhinya kebutuhan unsur hara. Untuk memenuhi kebutuhan unsur hara tersebut perlu dilakukan pemupukan rutin secara berkala. Dalam melakukan pemupukan ini harus dilakukan dengan tepat agar dapat memberikan manfaat optimal bagi tanaman, baik itu tepat jenis pupuk, tepat dosis, tepat waktu dan tepat cara aplikasinya.

Pemupukan pada tanaman pepaya california ini terbagi dalam beberapa tahapan yaitu pemupukan dasar saat penanaman dan pemupukan susulan yang diberikan sesuai dengan usia dan pertumbuhan tanaman. Akan tetapi pada kesempatan kali ini KampusTani tidak akan mengulas keseluruhan fase pemupukan, melainkan hanya pemupukan susulan pertama saja.

Untuk mengetahui Pemupukan Susulan Pertama Pepaya California meliputi jenis pupuk, dosis, waktu dan cara aplikasinya silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

JENIS PUPUK DAN DOSISNYA

Jenis pupuk yang diberikan untuk memenuhi unsur hara tanaman pepaya california pada pemupukan susulan pertama adalah Urea, Fosfor dan KCL. Sedangkan dosisnya adalah 100 gram pupuk Urea, 75 gram pupuk fosfor dan 50 gram pupuk KCL, dosis tersebut untuk diaplikasikan pada setiap tanaman. Setelah semua bahan pupuk siap campurkan dengan mengaduknya hingga merata.

CARA APLIKASI DAN WAKTU PEMUPUKAN

Related Post

Agar pupuk yang diaplikasikan dapat memberikan manfaat optimal pada tanaman, diperlukan pula cara aplikasi pupuk yang tepat. Sebelum pupuk diaplikasikan terlebih dahulu bersihkan gulma atau rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman pepaya. Buat alur melingkar di sekeliling pangkal tanaman, jaraknya tepat di bawah ujung daun terluar.

Taburkan pupuk yang telah disiapkan pada alur yang telah dibuat secara merata kemudian tutup kembali menggunakan tanah, tujuannya agar pupuk tidak menguap sia-sia ke udara seperti pupuk urea yang sangat mudah menguap, sehingga pupuk dapat terserap oleh perakaran tanaman secara optimal.

Pemupukan susulan pertama tanaman pepaya california ini dilakukan pada usia tanaman 1 bulan setelah tanam.

Demikian ulasan mengenai pemupukan susulan pertama pepaya california, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih pepaya, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube TANI NDESO