Kubis (Brassica oleracea L.) atau kadang disebut kobis atau kol adalah tanaman sayuran yang termasuk ke dalam famili Brassicaceae.

Kubis banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan berbagai olahan masakan, maka dari itu potensi kubis cukup baik, dan memberikan keuntungan lebih bagi para petani.

Budidaya tanaman kubis membutuhkan teknik yang tepat agar dapat tumbuh subur dan hasil panennya maksimal.

Salah satu penunjang kesuburan tanaman kubis adalah terpenuhinya kebutuhan unsur hara yang dapat dicapai melalui pemupukan rutin secara berkala. Dalam melakukan pemupukan ini harus dilakukan dengan tepat agar dapat memberikan manfaat optimal bagi tanaman, baik itu tepat jenis pupuk, tepat dosis, tepat waktu dan tepat cara aplikasinya.

Pemupukan pada tanaman kubis ini terbagi dalam beberapa tahapan yaitu pemupukan dasar saat penanaman dan pemupukan susulan yang diberikan sesuai dengan usia dan pertumbuhan tanaman. Akan tetapi pada kesempatan kali ini KampusTani tidak akan mengulas keseluruhan fase pemupukan, melainkan hanya pemupukan susulan pertama saja.

Untuk mengetahui Pemupukan Susulan Pertama Pada Kubis meliputi jenis pupuk, dosis, waktu dan cara aplikasinya silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

JENIS PUPUK DAN DOSISNYA

Jenis pupuk yang diberikan untuk memenuhi unsur hara tanaman kubis pada pemupukan susulan pertama adalah pupuk SP36 dengan kandungan fosfat 36% dan sulfur 5% dan pupuk ZA dengan kandungan nitrogen 21% dan sulfur 24%.

Sedangkan dosisnya adalah 1:2 yaitu 1 bagian untuk pupuk SP36 dan 2 bagian untuk pupuk ZA. Setelah semua bahan pupuk siap campurkan dengan mengaduknya hingga merata.

CARA APLIKASI DAN WAKTU PEMUPUKAN

Agar pupuk yang diaplikasikan dapat memberikan manfaat optimal pada tanaman, diperlukan pula cara aplikasi pupuk yang tepat. Sebelum pupuk diaplikasikan terlebih dahulu bersihkan gulma atau rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman kubis.

Pemupukan susulan pada tanaman kubis ini dilakukan dengan ditugal, caranya yaitu dengan membuat lubang dengan ditugal, untuk satu tanaman kubis diberikan 2 lubang pada 2 sisinya yaitu kanan dan kiri berjarak 10 cm dari pangkal tanaman.

Taburkan pupuk yang telah disiapkan pada lubang yang telah dibuat dengan dosis 10 gram per tanaman yang dibagi pada 2 lubang, dimana masing-masing lubang adalah 5 gram kemudian tutup kembali menggunakan tanah, tujuannya agar pupuk dapat terserap oleh perakaran tanaman secara optimal.

Pemupukan susulan pertama tanaman kubis ini dilakukan pada usia tanaman 20-25 hari setelah tanam.

Demikian ulasan mengenai pemupukan susulan pertama pada kubis, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih kubis, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Farm Tigabelas Gisting Atas