Setelah tanaman jahe merah ditanam, tentunya perlu dilakukan pemupukan untuk untuk memperbaiki atau memberikan tambahan unsur-unsur hara pada tanah, baik secara langsung atau tidak langsung, agar dapat memenuhi kebutuhan bahan makanan atau unsur hara pada tanaman. Terlebih lagi jika tanaman jahe merah tersebut ditanam pada polybag atau karung, mengingat akar tanaman tersebut memiliki keterbatasan dalam penyerapan unsur hara yaitu hanya dalam polybag atau karung saja, berbeda dengan tanaman jahe merah yang ditanam langsung pada lahan dimana akarnya lebih leluasa dalam mendapatkan unsur hara.

Tujuan dilakukan pemupukan antara lain untuk memperbaiki kondisi tanah, meningkatkan kesuburan tanah, memberikan nutrisi untuk tanaman, dan memperbaiki kualitas serta kuantitas tanaman.

Maka dari itu, selain harus mengetahui jenis-jenis pupuk dan proses penyerapan pupuk tersebut, maka diharuskan pula mengetahui dan memahami cara menggunakan pupuk pada tanaman, sehingga proses pemupukan tersebut bisa lebih efektif dan efisien.

Untuk mengetahui Pemupukan Pertama Tanaman Jahe Merah, meliputi jenis pupuk, dosis pupuk, waktu dan cara aplikasinya silakan simak penjelasannya berikut ini.

JENIS PUPUK

Pemupukan pertama tanaman jahe merah ini menggunakan pupuk dengan kandungan Phospor (P) yang tinggi. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa fungsi phospor di awal pertumbuhan ini sangat baik untuk merangsang pertumbuhan akar supaya memacu pertumbuhan tanaman, terlebih lagi tanaman jahe merah adalah tanaman yang menghasilkan rimpang.

Jenis pupuk yang diaplikasikan untuk pemupukan pertama tanaman jahe merah adalah pupuk NPK dan pupuk SP36.

WAKTU PEMUPUKAN

Pemupukan tanaman jahe merah pertama kali ini dilakukan pada tanaman yang sudah berumur sekitar 2 minggu setelah tanam.

DOSIS PUPUK

Dosis pupuk untuk pemupukan pertama tanaman jahe merah adalah 6 sendok makan pupuk NPK dan 2 gelas air mineral pupuk SP 36 untuk dilarutkan dengan 15 liter air. Pupuk perlu dilarutkan terlebih dahulu karena pemupukan akan dilakukan dengan cara dikocor/disiramkan.

CARA DAN DOSIS APLIKASI

Larutkan pupuk sesuai dosis di atas ke dalam 15 liter air, untuk dosis lebih banyak atau lebih sedikit sesuaikan saja dengan dosis tersebut di atas, aduk hingga benar-benar larut dan pupuk siap diaplikasikan.

Gemburkan terlebih dahulu media tanam di sekitar pangkal tanaman, bersamaan dengan penggemburan media tanam ini lakukan pula pembersihan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.

Aplikasikan larutan pupuk tersebut dengan mengocorkan/menyiramkannya di sekitar pangkal batang tanaman dengan dosis setengah gayung untuk setiap polybag/karung, usahakan jangan sampai mengenai daun tanaman.

Demikian ulasan mengenai pemupukan pertama tanaman jahe merah meliputi jenis pupuk, dosis pupuk, waktu dan cara aplikasinya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk, bibit jahe merah ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN