Meskipun tanaman jahe merah ditanam dalam polybag atau karung, hama dan penyakit tetap saja dapat menyerangnya. Terlebih lagi jika tanaman jahe tersebut ditanam saat musim hujan dengan intensitas hujan yang tinggi. Karena tingginya intensitas hujan ini dapat menyebabkan kondisi lingkungan yang lembab, sehingga dengan kondisi seperti itu tanaman rentan terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Pengendalian dapat dilakukan secara preventif (sebelum terjadi serangan) seperti menjaga kebersihan lahan/sanitasi lahan, penyemprotan pestisida dan sebagainya, serta pengendalian kuratif (setelah terjadi serangan) seperti pencabutan tanaman yang sakit atau mati, penyemprotan pestisida sesuai jasad sasaran dan sebagainya.

Umumnya penyakit yang menyerang tanaman jahe yang ditanam pada musim hujan dengan kelembaban tinggi disebabkan oleh bakteri dan jamur/cendawan, diantara penyakit tersebut adalah:

  1. Layu Bakteri

Gejala awal ditandai dengan helaian daun bagian bawah melipat dan menggulung kemudian terjadi perubahan warna dari hijau menjadi kuning dan mengering. Kemudian tunas batang menjadi busuk dan akhirnya tanaman mati rebah. Bila diperhatikan, rimpang dari tanaman yang sakit berwarna gelap dan sedikit membusuk, kalau rimpang dipotong akan keluar lendir berwarna putih susu sampai kecoklatan. Penyakit ini menyerang tanaman jahe pada umur 3-4 bulan dan yang paling berpengaruh adalah faktor suhu udara yang dingin, genangan air dan kondisi tanah yang terlalu lembab.

Penyakit layu bakteri ini disebabkan oleh bakteri pseudomonas solanacearum yang hidup di dalam tanah sampai bertahun-tahun. 

Pengendaliannya dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi tanah dan kelembabannya, jangan sampai tergenang air terlalu lama, serta jauhkan tanaman yang terinfeksi/sakit.

  1. Penyakit busuk rimpang

Gejala penyakit ini ditandai dengan daun bagian bawah yang berubah menjadi kuning lalu layu dan akhirnya tanaman mati.

Penyakit ini dapat masuk ke bibit rimpang jahe melalui lukanya. Ia akan tumbuh dengan baik pada suhu udara 20-25° C dan terus berkembang akhirnya menyebabkan rimpang menjadi busuk. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan fusarium.

Pengendaliannya dapat dilakukan dengan menggunakan bibit yang sehat, penerapan pola tanam yang baik serta penggunaan fungisida.

  1. Bercak daun

Penyakit ini dapat menular dengan bantuan angin, akan masuk melalui luka maupun tanpa luka.

Gejalanya yaitu pada daun terdapat bercak-bercak berukuran 3-5 mm, selanjutnya bercak-bercak tersebut berwarna abu-abu dan ditengahnya terdapat bintik-bintik berwarna hitam, sedangkan pinggirnya busuk basah, penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada tanaman yang terserang. Penyakit ini disebabkan oleh jamur phyllosticta zingiberi. 

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa tanaman jahe merah yang ditanam saat musim hujan dengan intensitas yang tinggi sangat rawan terinfeksi penyakit yang disebabkan jamur/cendawan dan bakteri, maka dari itu pengendalian sebaiknya dilakukan secara preventif atau pencegahan sebelum tanaman terserang.

Pengendalian tanaman jahe merah secara preventif tersebut selain sanitasi lahan, memperhatikan kondisi tanah dan kelembabannya jangan sampai tergenang air terlalu lama, serta menjauhkan tanaman yang terinfeksi/sakit, juga harus dilakukan penyemprotan fungisida serta bakterisida. Adapun jenis, dosis dan cara aplikasi fungisida/bakterisida selengkapnya adalah sebagai berikut:

Agar lebih aman dan ramah lingkungan gunakanlah fungisida/bakterisida alami seperti merek dagang Nordox.

Dosis dari fungisida/bakterisida Nordox tersebut adalah 1-2 g/L   air atau 1 sendok makan per tangki 15 liter.

Cara aplikasinya adalah dengan menyemprotkan ke seluruh bagian tanaman tanpa terkecuali, selain itu semprotkan pula pada permukaan tanah/permukaan media pada polybag, penyemprotan ini dilakukan dengan interval 1 minggu dan saat tidak turun hujan.

Demikianlah ulasan mengenai Pengendalian Hama dan Penyakit pada Tanaman Jahe Merah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli Fungisida, bakterisida, bibit jahe merah ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN