Pada artikel sebelumnya telah kami ulas mengenai persiapan dalam penanaman jahe merah dalam karung. Persiapan tersebut meliputi Cara Penyemaian Bibit Jahe Merah dan juga cara pembuatan Media Tanam Jahe Merah dalam Karung. Sedangkan pada artikel kali ini akan kita ulas mengenai Cara Menanam Jahe Merah dalam Karung, berikut ini ulasan selengkapnya.

Sebelum penanaman, tentunya adalah mempersiapkan bibit yang sudah disemai sebelumnya. Bibit jahe merah yang sudah siap ditanam adalah bibit yang sudah berusia sekitar 1 bulan setelah semai.

Pilihlah bibit yang pertumbuhannya baik dan sehat untuk ditanam, sedangkan bibit yang pertumbuhannya lambat atau masih kecil dibiarkan dalam persemaian dan tetap dilakukan perawatan hingga siap ditanam, ini adalah salah satu keuntungan melakukan persemaian bibit terlebih dahulu sebelum menanam.

Cabut bibit secara hati hati, dan jika dalam satu rimpang terdapat beberapa tunas bibit, potong rimpang sesuai jumlah bibit tersebut satu persatu, dan juga tanam kembali rimpang yang belum tumbuh pada persemaian.

Gemburkan kembali permukaan media tanam dalam karung sambil membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh, karena selama media tanam didiamkan selama 2 minggu (agar media siap ditanami) kemungkinan akan tumbuh rumput di atasnya.

Buat lubang tanam terlebih dahulu kemudian tanam bibit hingga rimpangnya tertutup, sedikit padatkan agar bibit tertanam erat dan tidak mudah roboh. Dalam satu media dalam karung ditanami 2 bibit jahe merah. Berikan jarak antara 2 bibit tersebut agar bibit dapat tumbuh optimal. Kemudian siram secukupnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Jahe Merah dalam Karung, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit jahe merah ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN