Dalam proses budidaya tanaman cabe, pemupukan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan untuk menunjang pertumbuhan tanaman dan pembuahan agar dapat berlangsung optimal, terlebih untuk tanaman cabe yang baru ditanam.

Pemupukan cabe pasca tanam atau pemupukan tanaman cabe pertama dilakukan pada hari ke 7-10 sejak penanaman.

Akan tetapi sebelum proses pemupukan, sebaiknya dilakukan pengukuran pH tanah terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat keasaman tanah sehingga dalam pemberian pupuk dapat disesuaikan dengan kondisi keasaman tanah tersebut, baik dalam jenis pupuk, kandungan unsur hara dan dosisnya, sehingga penyerapan unsur hara oleh tanaman dapat optimal . Pengukuran pH tanah dapat dilakukan menggunakan pH meter.

Dalam pemupukan tanaman sebaiknya kondisi tanah dalam keadaan basah, dan jika saat musim hujan pemupukan dilakukan setelah hujan.

Cara aplikasi pupuk pada tanaman sayuran maupun hortikultura sebaiknya dilakukan dengan cara dikocor, karena cara ini memiliki kelebihan, diantaranya adalah, pupuk yang diberikan tidak meninggalkan endapan atau residu dalam tanah, pupuk atau unsur hara lebih mudah diserap oleh tanaman sehingga hasil/efek dari pemupukan pada tanaman akan lebih cepat terlihat.

Pemupukan cabe pasca tanam ini bertujuan untuk memacu pertumbuhan vegetatif, yaitu pertumbuhan batang, daun dan cabang, sehingga pupuk yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman pada fase ini. Adapun pupuk yang diberikan adalah :

  • Pupuk UREA yang mengandung Nitrogen dengan dosis 2 gram/liter air.
  • Pupuk NPK 16:16:16 dengan dosis 2 gram/liter air.
  • Pupuk KNO3 Merah dengan dosis 1-2g/liter air
  • Pupuk KalsiumĀ  0,5 g/liter air.

Masukkan semua pupuk ke dalam air sesuai dengan dosis dan kebutuhan, aduk hingga merata.

Cara aplikasi pupuk tersebut adalah dilakukan dengan cara dikocorkan di sekitar pangkal tanaman cabe dengan dosis 220 ml per tanaman atau satu gelas bekas air mineral.

Demikian ulasan mengenai pemupukan cabe pasca tanam, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih cabe, pupuk maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN