Pemberian pupuk susulan pada tanaman terbagi menjadi 3 fase yaitu fase vegetatif, fase generatif (pembungaan dan pembuahan) serta fase pembesaran atau pematangan buah.

Pada artikel kali ini akan kami ulas mengenai pemupukan cabe fase generatif atau pada saat tanaman memasuki masa pembungaan dan pembuahan. Pemupukan dalam fase ini harus dilakukan dengan tepat, baik itu tepat jenis pupuk, dosis, waktu pemupukan dan cara aplikasinya. Tujuan dari pemupukan pada fase ini adalah untuk mengoptimalkan pembungaan dan pembuahan tanaman cabe.

Berikut ini ulasan mengenai pemupukan cabe fase generatif :

Jenis pupuk yang diberikan adalah :

  1. Pupuk Gandasil B, dalam pupuk ini banyak terkandung unsur hara makro maupun mikro yang lengkap seperti nitrogen, fosfor, kalium, boron dan sebagainya.
  2. Pupuk MKP dengan kandungan fosfat dan kalium dalam bentuk nitrat di dalamnya sehingga mudah sekali diserap oleh tanaman. Dikarenakan pada saat fase generatif, tanaman memerlukan asupan fosfat dan kalium yang banyak, untuk mencegah kerontokan serta meningkatkan kualitas dan kuantitas buah.

Pupuk pada fase generatif ini diaplikasikan dengan cara disemprotkan pada daun tanaman cabe, maka dari itu dosis pupuk yang akan diberikan berdasarkan takaran 16 liter air/satu tangki semprot.

Adapun dosisnya adalah sebagai berikutĀ  :

Pupuk gandasil B 1-1,5 sendok makan/16 liter air.

Pupuk MKP 2-3 sendok makan/16 liter air.

Dan untuk memaksimalkan kinerja pupuk maka tambahkanlah perekat khusus pestisida, dengan dosis sesuai anjuran yang tertera pada label kemasan.

Masukkan pupuk tersebut ke dalam 16 liter air, aduk hingga pupuk benar-benar larut dan merata. Masukkan larutan pupuk ke dalam tangki semprot dan pupuk siap diaplikasikan.

Cara aplikasi atau penyemprotan pupuk, upayakan penyemprotan pada bagian bawah daun lebih diperbanyak, karena stomata terbanyak berada pada bagian bawah daun, maka dari itu pola penyemprotan dimulai dari bagian bawah daun kemudian bagian atasnya.

Waktu penyemprotan pupuk yang baik adalah pada pagi hari pukul 07.00-09.00 dan sore hari pukul 14.00-16.00, karena pada saat itu stomata daun bekerja dengan maksimal.

Demikian ulasan mengenai pemupukan cabe fase generatif, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih cabe, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Anak Petani