Obat Alami Scabies Kambing

Scabies atau kudis adalah salah satu penyakit yang sering dijumpai pada kambing atau domba. Penyakit ini disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabie dan Psoroptes ovis yang menyebabkan dermatitis gatal yang parah.

Scabies menyebar dengan mudah melalui kontak langsung dan bahan-bahan yang ada di kandang seperti pagar, tempat pakan dan bahan lain yang terkontaminasi dan bertindak sebagai carrier.

Kambing yang terkena scabies mempunyai gejala adanya kegatalan yang hebat, sehingga hewan berusaha untuk terus-menerus menggaruk, diikuti dengan timbulnya kropeng dan kerontokan bulu.

Jika penyakit berlanjut, kulit menjadi tebal dan berbintil yang umumnya muncul pada ujung mulut, sekitar mata dan di dalam telinga. Jika luka terjadi disekitar mulut, maka kambing akan mengalami kesulitan makan dan akan mati karena kekurangan makanan.

Kambing yang terserang penyakit ini umumnya akan mengalami penurunan berat badan, penurunan produksi daging, kualitas kulit dan gangguan kesehatan masyarakat hingga menyebabkan penurunan harga jual kambing sampai 1/3 harga normal.

Kambing yang terkena scabies dan tidak segera diobati bisa mengalami kematian dalam 3 bulan. Selain kerugian ekonomis tersebut, penyakit ini juga bersifat zoonosis (penyakit ternak yang mampu menyerang manusia).

Salah satu cara pengobatan yang efektif dan murah bagi kambing yang terkena scabies adalah dengan menggunakan obat alami scabies kambing yaitu berupa ekstrak minyak daun gamal (Gliricidia sepium) atau yang sering disebut cebreng.

Gamal merupakan tanaman pelindung yang daunnya biasa diberikan sebagai hijauan pakan ternak ruminansia. Daun gamal memiliki bahan aktif kumarin insektisida, rodentisida dan bakterisida.

Daun gamal yang digunakan adalah daun yang sudah tua, tetapi masih lunak dari pohon gamal berumur lebih dari 6 bulan. Semakin tinggi kadar kumarin dalam daun, maka semakin baik efeknya sebagai obat scabies.

Cara mudah untuk mengetahui daun dengan kadar kumarin tinggi adalah dengan cara merobek daun dan mencium aromanya, daun dengan kadar kumarin tinggi biasanya memiliki aroma yang lebih menyengat.

Cara pembuatan obat scabies dari ekstrak minyak daun gamal pun sangat mudah.

  1. Daun gamal yang sudah kita pisahkan dari rantingnya, selanjutnya kita cincang kecil-kecil, kemudian dihaluskan dengan ditumbuk.
  2. Jika daun sudah lebih halus dan telah sedikit mengeluarkan minyak, maka selanjutnya kita masukkan kedalam panci untuk dimasak dengan dicampur minyak goreng sawit.
  3. Takaran untuk penggunaan daun gamal dan minyak sawit yaitu 1:2 (jika daun gamal 100 gr, maka minyak sawitnya 200 gr).
  4. Setelah tercampur, selanjutnya kita rebus hingga mendidih.
  5. Setelah itu, suhu kita turunkan dan tetap direbus hingga 1 jam kedepan, kemudian kita dinginkan.
  6. Setelah dingin, hasil ekstrak tersebut kemudian diangkat dan disaring dengan kain sambil diperas sampai minyaknya tersaring sempurna.
  7. Hasil saringan kita simpan ke dalam botol gelap (berwarna) dan dapat kita simpan pada suhu ruang sampai 1 minggu. Jika disimpan pada lemari es dengan suhu 4 derajat celcius bisa bertahan sampai 6 bulan.

Ekstrak minyak daun gamal juga bisa langsung kita aplikasikan ke ternak yang terkena scabies.

Jangan lupa, pada saat mengoleskan ramuan, gunakan sarung tangan dan masker untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Pemberian obat scabies pada kambing dilakukan dengan cara mengoleskan ekstrak minyak daun gamal dengan kuas atau sabut kelapa pada seluruh permukaan kulit kambing yang terkena scabies.

Jika scabies telah menyebar pada sebagian badan, sebaiknya seluruh tubuh ternak dioles dengan obat ini, agar tungau tidak berkembangbiak ke bagian tubuh yang lain.

Pengobatan dilakukan sebanyak dua kali dengan jangka waktu satu minggu dan diulangi selama 2-3 minggu jika ternak menderita scabies berat. Dengan aplikasi yang teratur dan benar, obat scabies mempunyai tingkat kesembuhan hingga 100%.

Perlu diingat, bahwa kambing yang telah diobati, sebaiknya dipindahkan ke kandang yang bersih dan bebas scabies. Dimana kandang baru tersebut telah disemprot terlebih dahulu dengan insektisida sebelum digunakan. Hal ini sangat penting, karena biasanya hewan yang sembuh dari scabies tidak mempunyai kekebalan, sehingga mudah terkena lagi apabila ditempatkan pada kandang yang tercemar.

Nah, mudah bukan cara membuat obat scabies dari ekstrak minyak daun gamal? namun, ada yang lebih penting untuk diketahui bagi anda para peternak, yaitu bagaimana cara menjaga agar penyakit scabies ini tidak menyerang dan tidak menyebar ke ternak lain, diantaranya yaitu :

  •  Menjaga kebersihan kandang ternak, kandang harus secara rutin dibersihkan agar selalu terjaga dari penyakit.
  •  Memantau kesehatan ternak secara teratur, agar jika ditemukan serangan penyakit, khususnya scabies dapat   secara dini diketahui.
  •  Memisahkan ternak yang terkena scabies dan harus segera diobati agar tidak menular. Bahkan jika serangan   scabies hampir menyerang semua ternak dalam satu kandang, maka ternak dalam satu kandang tersebut   harus diberikan pengobatan juga.

Demikian penjelasan lengkap mengenai obat alami scabies kambing , semoga menambah wawasan anda.

Anda bisa bergabung dengan komunitas peternak (Komunitas HCS) untuk sharing mengenai budidaya ternak ikan, ternak unggas ataupun ternak lainnya, klik di sini untuk bergabung.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Channel Youtube Pustaka Kementerian Pertanian