Bagi pemula atau yang baru akan memulai ternak ikan lele mungkin masih bertanya-tanya, berapa sih kebutuhan pakan ikan lele dalam satu hari?

Pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan jumlah kebutuhan pakan pada anakan lele ukuran 3-5 ( panjang ikan 3-5 cm ) per 5000 ekor dalam satu hari menggunakan pakan berupa pelet.

Untuk menghitung kebutuhan pakan lele per hari, terlebih dahulu harus diketahui berapa berat ikan tersebut, karena rumusnya adalah berat keseluruhan ikan dikalikan 3%. ( angka 3% sudah ditentukan melalui riset dan penelitian oleh para ahli )

Berikut rinciannya :

Jumlah anakan lele ukuran 3-5 dalam 1 kg adalah sekitar 700-750 ekor.

Jika dalam satu kolam terdapat 5000 ekor, maka untuk menghitungnya adalah  jumlah ikan dalam satu kolam dibagi jumlah ikan per 1 kg ( 5000 dibagi 700 ) yaitu sekitar 7 kg ikan per kolam.

Sesuai rumus penghitung kebutuhan pakan yaitu berat keseluruhan ikan dikalikan 3%, maka dari perhitungan diatas bisa disimpulkan 7kg x 3% = 0,2 kg atau sekitar ¼ kg.

Jadi setiap 5000 anakan lele ukuran 3-5 membutuhkan pakan ¼ kg per hari.

Adapun waktu pemberian pakan dalam satu hari adalah 3 kali yaitu :

  •         Pagi    pukul 08.00-09.00
  •         Sore    pukul 16.00-17.00
  •         Malam pukul 21.00-22.00

Maka untuk satu kali porsi makan adalah ¼ kg  dibagi 3 yaitu sekitar 80 gram.

Penambahan porsi atau jumlah pakan yang diberikan dilakukan 2 minggu berikutnya, dengan rumus perhitungan seperti tersebut diatas, dan disesuaikan dengan berat ikan.

Adapun cara pemberian/penaburan pakan dilakukan dengan sistem “ lingkaran obat nyamuk” yaitu dari pinggir terlebih dahulu kemudian ke tengah.

Demikian penjelasan singkat menghitung kebutuhan pakan lele per hari.

Anda bisa bergabung dengan komunitas peternak (Komunitas HCS) untuk sharing mengenai budidaya ternak lele, ternak unggas ataupun ternak lainnya, klik di sini untuk bergabung.

Semoga bermanfaat.