Media Tanam Jambu Air Madu dalam Pot

Keberhasilan dalam budidaya jambu air madu dalam pot ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah media tanam yang baik dan tepat.

Maka dari itu agar tanaman jambu air madu yang ditanam dapat tumbuh secara optimal, media tanam yang digunakan harus memenuhi syarat sebagai media tanam yang baik, diantaranya adalah, teksturnya gembur dan porous (dapat ditembus air), kaya akan bahan organik, tidak mengandung bibit penyakit, memiliki pH atau derajat keasaman tanah yang netral yaitu 6-7.

Adapun cara membuat media tanam jambu air madu dalam pot yang baik dan memenuhi syarat sebagaimana tersebut di atas, kami ulas penjelasannya berikut ini.

BAHAN MEDIA TANAM

Bahan utama dalam pembuatan media tanam jambu air madu dalam pot paling tidak terdiri dari 3 bahan, yaitu tanah, pupuk kandang dan cocopeat, berikut ini masing-masing penjelasan dari bahan-bahan tersebut.

  • Tanah

Gunakanlah tanah yang subur dan gembur, tanah yang baik untuk digunakan sebagai media tanam diantaranya adalah tanah lapisan atas atau top soil. Top soil yang sering disebut dengan humus merupakan lapisan tanah paling atas dengan ketebalan antara 10 – 30 cm, memiliki sifat yang sangat subur karena terbentuk dari campuran bahan-bahan organik alami ditambah dengan mineral dari pelapukan batuan.

  • Pupuk kandang/kompos

Pupuk kandang yang digunakan haruslah pupuk kandang yang telah jadi atau melalui proses fermentasi, baik itu fermentasi secara alami atau dengan bantuan manusia, bukan pupuk kandang atau kotoran hewan yang masih baru. Pupuk kandang ini dapat dibuat dari kotoran sapi, ayam atau kambing. Pupuk kandang ini mengandung unsur-unsur hara yang sangat dibutuhkan tanaman seperti nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium dan belerang. Sebelum digunakan, haluskan terlebih dahulu pupuk kandang tersebut.

  • Cocopeat

Cocopeat adalah sabut kelapa yang dihaluskan hingga menjadi semacam serbuk. Cocopeat ini merupakan bahan campuran media tanam yang mempunyai banyak kelebihan. Kelebihan cocopeat dibanding media konvensional lainnya yaitu mampu memegang air dan menahannya hampir 10 kali lipat. Ia juga memiliki pori-pori, yang memudahkan pertukaran udara, dan masuknya sinar matahari. Selain itu  cocopeat dapat meningkatkan porositas tanah. Efek positifnya, tanah akan menahan lebih banyak udara dan air sehingga sirkulasi serta drainase pada pot akan lebih terjaga.

TAHAP PEMBUATAN

Campurkan semua bahan tersebut diatas dengan perbandingan antara tanah, pupuk kandang dan cocopeat yaitu 2:1:1. Campurkan semua bahan dengan mengaduknya hingga benar-benar tercampur merata.

Nah media tanam yang telah dibuat sebagaimana tersebut diatas merupakan media tanam yang baik dan siap digunakan untuk menanam tanaman buah dalam pot.

Demikian ulasan mengenai cara membuat media tanam jambu air madu dalam pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman jambu air madu, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube saipul annuar,sp