Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman

Pemangkasan atau pruning adalah kegiatan pemotongan bagian tertentu pada tanaman. Pruning biasanya dilakukan pada beberapa bagian tanaman yaitu batang utama, cabang, ranting dan juga pada daun tanaman.

Dari pemangkasan pada bagian-bagian tersebut setidaknya ada 7 manfaat yang diperoleh. Nah untuk mengetahui apa saja manfaat pemangkasan pada tanaman tersebut, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

 

Mencegah terjadinya iklim mikro

Penjelasan secara sederhana mengenai iklim mikro pada tanaman adalah iklim yang timbul di area sekitar tanaman akibat dari kelebatan tanaman tersebut yang mengakibatkan kelembaban yang lebih jika dibandingkan dengan area sekitarnya, karena sinar matahari terhalang untuk sampai pada area tersebut. Sehingga dengan melakukan pemangkasan maka dapat mencegah kelembaban yang berlebihan dan tanaman tidak rentan terserang hama serta penyakit.

 

Menghindarkan tanaman dari serangan OPT

Bagian ke 2 ini berhubungan erat dengan bagian nomor 1, bahwa mikroorganisme patogen sangat menyukai kondisi lahan yang lembab, dan iklim mikro akibat kurangnya sinar matahari yang masuk, merupakan salah satu pemicunya. Maka dengan melakukan pemangkasan tersebut berarti kita telah menghindarkan satu hal yang menyebabkan tanaman terserang OPT (organisme pengganggu tanaman).

 

Membentuk atau mengarahkan pertumbuhan tanaman yang ideal

Khususnya pada jenis tanaman keras pemangkasan dapat bermanfaat untuk membentuk atau mengarahkan pertumbuhan tanaman pada pertumbuhan tanaman yang ideal. Misalnya untuk membentuk postur tanaman yang tidak terlalu tinggi dapat dilakukan dengan memangkas ujung tanaman tersebut. Sedangkan pemangkasan pada daunnya bermanfaat agar tanaman tidak menahan terlalu banyak beban akibat daun yang terlalu rimbun dan sangat lebat.

 

Memaksimalkan fotosintesis

Fotosintesis adalah proses pengambilan zat karbon dioksida (C02) dan juga air yang kemudian diubah menjadi oksigen (O2) dan energi melalui bantuan sinar matahari dan proses fotosintesis ini terjadi pada daun tanaman. Maka dari itu jika daun tanaman yang sudah tua dan tidak produktif dibiarkan tanpa pemangkasan, itu sama saja kita memasak pada dapur yang sudah tua yang tentunya hasilnya tidak maksimal.

Nah, dengan demikian pemangkasan daun yang sudah tua bermanfaat untuk memaksimalkan fotosintesis karena prosesnya hanya ada pada daun yang masih produktif saja.

 

Meremajakan tanaman

Pernahkan Anda mendengar istilah rejuvinasi? Rejuvinasi artinya proses peremajaan bagian bagian tanaman yang sudah tua, rusak dan tidak lagi produktif serta sudah mengalami pemanenan berkali-kali.

Nah dengan melakukan pemangkasan rejuvinasi ini bertujuan meremajakan tanaman untuk mendapatkan tunas baru yang jauh lebih produktif sehingga hasil produksi tanaman lebih baik juga.

 

Mempercepat pembungaan tanaman

Hampir semua jenis tanaman memiliki mekanisme survival, yaitu jika pada tanamanan tersebut ada bagian yang terpotong makam tanaman tersebut akan menumbuhkan tunas-tunas dan juga daun baru dan bahkan memunculkan bunga. Terlebih lagi jika sebelum atau sesudah pemangkasan kita berikan pemupukan pada tanaman menggunakan pupuk kompos, pupuk yang mengandung mikroorganisme atau juga pupuk NPK maka mekanisme survivalnya akan berlangsung semakin cepat. Dan setelah mulai muncul bunga barulah kita pacu dengan pemberian pupuk dengan kandungan fosfor dan kalium tinggi seperti TSP dan KCL, MKP dan sebagainya.

 

Meningkatkan hasil produksi tanaman

Pada poin ke 7 ini berkaitan erat dengan poin ke 4 yaitu tentang fotosintesis. Setelah daun yang tua dan tidak produktif dipangkas maka proses fotosintesis ini dilakukan pada daun yang masih muda dan produktif sehingga energi yang dihasilkan lebih optimal, terutama saat tanaman memasuki fase generatif. Mengingat bahwa pada fase generatif, tanaman membutuhkan energi dan asupan yang lebih banyak. Dan dengan tercukupinya asupan tersebut maka hasil produksi tanamanpun akan meningkat.

Dan untuk menunjang proses fotosintesis tanaman pada fase generatif, berikan pupuk dengan kandungan kalium tinggi, karena kalium ini merupakan unsur hara yang membantu mentransportasikan hasil fotosintesis ke bagian-bagian tanaman.  

Demikian ulasan mengenai Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih, bibit tanaman, pupuk, pestisida serta perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Penyuluh Pertanian Lapangan