Manfaat Magnesium Untuk Tanaman

Dalam dunia pertanian terutama pemupukan sering kita dengar istilah unsur hara makro. Unsur hara makro dibagi menjadi 2 yaitu unsur hara makro primer yaitu N, P dan K yang penjelasannya sudah kita ulas pada artikel sebelumnya dan yang kedua unsur hara makro sekunder yaitu kalsium (Ca), Magnesium (Mg) dan Sulfur (S).

Dan pada kesempatan kali ini, akan kami ulas mengenai salah satu unsur hara makro sekunder yaitu Magnesium (Mg) meliputi manfaat pupuk magnesium, gejala tanaman kekurangan magnesium dan pupuk magnesium yang banyak beredar di pasaran. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Magnesium (Mg) merupakan unsur hara yang sangat penting bagi tanaman yaitu sebagai inti klorofil dan sebagai aktivator dalam proses transfer energi pada proses fotosintesis dan metabolisme. Tanpa magnesium maka tidak akan terbentuk klorofil dan tidak akan terjadi transfer elektron dan tidak akan terjadi proses fotosintesis dan metabolisme.

Dengan adanya klorofil, maka tanaman dapat melakukan proses fotosintesis secara sempurna untuk menghasilkan bahan yang bermanfaat dari tersedianya air (H2O), udara (O2) dan cahaya matahari.  

Fotosintesis adalah proses pemanfaatan energi cahaya matahari untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi karbohidrat.

Proses sederhana ini menghasilkan glukosa dan melepas O2 atau oksigen ke udara.

Untuk mengetahui manfaat magnesium untuk tanaman, berikut ini kami ulas penjelasannya.

MANFAAT/FUNGSI MAGNESIUM

  1. Fungsi utama magnesium bagi tanaman yaitu sebagai inti klorofil atau zat hijau daun, pembentukan karbohidrat, lemak dan senyawa minyak yang dibutuhkan tanaman.
  2. Berperan dalam transportasi fosfat di dalam tanaman.
  3. Magnesium merupakan salah satu nutrisi penting bagi tanaman untuk meningkatkan aroma khas pada tanaman seperti pada bawang merah.
  4. Magnesium dapat meningkatkan kadar minyak tanaman yang dipanen minyaknya, meningkatkan kualitas daun tanaman dan meningkatkan daya tahan tanaman terhadap suhu rendah.

GEJALA TANAMAN KEKURANGAN UNSUR HARA MAGNESIUM

Tanaman yang kekurangan unsur magnesium akan mengakibatkan klorofil atau mulut daunnya tidak dapat berfungsi sebagai mestinya, sehingga tanaman tidak dapat melakukan proses fotosintesis, akibatnya pertumbuhan tanaman tidak normal.

Maka dari itu sebagai petani kita harus memastikan ketersediaan unsur hara magnesium tersebut pada tanaman melalui proses pemupukan. Dan apa saja pupuk magnesium yang banyak beredar di pasaran? Ulasannya akan kami ulas pada poin berikutnya.

PUPUK MAGNESIUM YANG BANYAK BEREDAR DI PASARAN

Pupuk dengan kandungan unsur hara magnesium banyak beredar di pasaran, dan diantaranya yaitu:

  1. Pupuk dolomit, pupuk ini mengandung unsur utama magnesium (MgO) 18-22% dan kalsium (CaO) 40%, sehingga dapat digunakan untuk menambahkan unsur hara magnesium dan kalsium dalam tanah.
  2. Pupuk Kieserite, pupuk ini mengandung magnesium 27% dan sulfur atau belerang 20-22%.
  3. Pupuk Magnesium Sulfat, yaitu pupuk yang memiliki kandungan unsur hara magnesium oksida (MgO) 16% dan sulfur (S) 13%

Demikian ulasan mengenai Manfaat Magnesium untuk Tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Penyuluh Pertanian Lapangan

Bacaan Terkait