Kenapa Pohon Mangga Tidak Berbuah

Pohon mangga yang dibudidayakan baik itu ditanam dalam pot atau ditanam langsung di tanah, tidak jarang mengalami kemandulan atau tanaman tidak mau berbuah. Jika terjadi demikian tentu menjadi pertanyaan besar bagi petani pembudidayanya, kenapa pohon mangga tidak berbuah?

Hal tersebut terjadi tentu bukan tanpa sebab, maka dari itu sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, seperti memberi perlakuan pembuahan atau bahkan mematikan tanaman, terlebih dahulu harus mengetahui faktor apa yang menyebabkan tanaman mangga enggan berbuah agar dapat memilih cara yang tepat untuk menanganinya.

Nah, penyebab kenapa pohon mangga tidak berbuah, setidaknya ada 4 faktor yang harus diketahui. Apa saja 4 faktor tersebut? Berikut ini penjelasannya.

MUTASI GEN

Pohon mangga dapat mengalami mutasi gen yang menyebabkan pohon mangga tidak mau berbuah atau menjadi mandul. Seperti halnya manusia, tanaman buah juga bisa mengalami kemandulan akibat dari mutasi gen sehingga merubah sifatnya dari tanaman induknya. Akibatnya tanaman mangga yang mengalami mutasi gen ini meskipun induknya merupakan tanaman yang produktif berbuah, namun pada tanaman mangga ini susah berbuah bahkan mengalami kemandulan atau tidak mau berbuah.

Hal ini dapat terjadi pada semua tanaman mangga baik itu yang diperbanyak dengan cara mencangkok, penyambungan, stek dan juga penanaman melalui biji meskipun tanaman induknya merupakan tanaman yang produktif berbuah.

Jika terjadi hal demikian pada tanaman mangga yang dibudidayakan, maka langkah terbaiknya adalah menggantinya dengan menanam kembali pohon mangga yang baru.

BELUM MASUK USIA BERBUAH (FASE GENERATIF)

Setiap tanaman buah memiliki usia standar dimana tanaman tersebut dapat berbuah atau disebut dengan usia generatif, begitu juga pada tanaman buah mangga.

Jika memang tanaman buah mangga yang ditanam belum masuk ke dalam umur untuk berbuah (generatif) atau tanaman masih dalam fase vegetatif (pertumbuhan batang dan daun), maka meskipun diberi perlakuan untuk pembuahan seperti stres air, pupuk pembuahan, booster dan sebagainya, sudah pasti tanaman mangga tersebut tidak akan mau berbuah.

Related Post

Masing-masing jenis mangga memiliki usia yang berbeda-beda untuk dapat berbuah. Jadi sebaiknya pelajari terlebih dahulu usia berbuah pohon mangga, sebelum menyimpulkan bahwa ia tidak mau berbuah.

Sebenarnya secara alami, tanaman buah apa saja memiliki usia yang kira-kira optimal untuk dibuahkan. Nah untuk tanaman mangga dalam pot, fase pembuahan umumnya pada usia 3 tahun ke atas, sedangkan jika ditanam langsung pada lahan fase pembuahannya setelah usia 5 tahun ke atas.

SALAH PEMUPUKAN

Maksud dari salah pemupukan ini adalah pemberian pemupukan pada tanaman mangga namun dengan kadar nitrogen yang tinggi. Nitrogen memang diperlukan oleh tanaman, namun dalam kadar yang cukup sesuai dengan pertumbuhan tanaman.

Pemupukan dengan kadar nitrogen yang terlalu tinggi hanya akan membuat pohon mangga menjadi terlalu rimbun, sehingga sinar matahari menjadi terhalang untuk mencapai ke seluruh bagian pohon. Akibatnya  proses fotosintesis menjadi kurang sempurna dan proses pembuahan terhambat.

FAKTOR LAIN

Selain ketiga faktor diatas, masih ada beberapa faktor lain yang juga dapat menjadi penyebab kenapa pohon mangga tidak berbuah. Misalnya seperti lahan kurang subur, tanaman kekurangan unsur hara, serangan hama, kurang air, cuaca yang buruk, penanaman yang terlalu rapat, daerah yang tidak cocok dengan karakteristik tanaman, dan sebagainya.

Jadi kesimpulannya, jika didapati tanaman mangga yang dibudidayakan tidak mau berbuah  atau berhenti berbuah, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan sebelum mengetahui secara detail apa faktor penyebabnya, sehingga tindakan penanganannya dapat dilakukan dengan tepat sesuai dengan permasalahan yang ada.

Demikian ulasan mengenai penyebab kenapa pohon mangga tidak berbuah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman mangga ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan