Jarak Tanam Alpukat Yang Baik

 

Dalam membudidayakan tanaman alpukat terutama penanaman yang lebih dari satu pohon atau perkebunan alpukat baik itu dalam skala kecil atau skala luas ada hal dasar yang harus dipahami, yaitu jarak tanam. Dengan jarak tanam yang tepat, tanaman alpukat nantinya dapat tumbuh dan berbuah dengan optimal.

Selain itu dengan mengetahui jarak tanam, maka dapat diketahui pula berapa bibit yang dibutuhkan dalam satu lahan penanaman.

Maka dari itu, jarak tanam ini perlu diketahui sejak awal, sejak perencanaan penanaman.

Untuk mengetahui berapa jarak tanam alpukat yang baik, berikut ini kami ulas penjelasannya.

Dalam budidaya alpukat setidaknya terdapat 3 jarak yang bisa dipakai, yaitu jarak tanam ideal, jarak tanam minimal dan jarak tanam maksimal.

JARAK TANAM IDEAL

Dalam budidaya tanaman alpukat jarak ideal antara satu tanaman dengan tanaman lainnya adalah 5 x 5 meter. Hal ini ditujukan agar ranting tanaman nantinya tidak saling bersinggungan, sehingga pertumbuhan pohon dan hasil produktivitasnya akan maksimal. Rata-rata ranting pohon Alpukat usia 10 tahun lebih memiliki panjang 2 meter sehingga dengan jarak tanam tadi pohon masih leluasa untuk terus tumbuh maksimal tanpa perlu ada pemangkasan atau pengaturan cabang.

Atau bisa juga 5 x 6 meter, dengan tujuan sisa 1 meter untuk mempermudah kegiatan mobilisasi perawatan, maupun pemanenan.

Related Post

JARAK TANAM MINIMAL

Jarak tanam minimal ini dapat diterapkan untuk menanam lebih banyak bibit dalam satu area penanaman. Jarak tanam minimal pohon alpukat yaitu 3 x 3 meter.

Akan tetapi jika menerapkan jarak tanam minimal ini, pertumbuhan cabang harus benar-benar diperhatikan, dan usahakan antar cabang tidak bersinggungan. Caranya yaitu dengan mengatur cabang dengan sistem zig-zag atau tumpang tindih, atau bisa juga dengan memotong cabang bila sudah saling bertumpukan. Namun pemotongan cabang ini akan berakibat pada pertumbuhan pohon yang terlihat memanjang keatas dan pohon akan lebih tinggi.

Selain pengaturan cabang agar tidak bersinggungan, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu membuat tanaman tumbuh simetris, dimana batang utama tumbuh tegak lurus dan percabangan seimbang tidak condong ke kanan atau ke kiri. Nah hal ini bisa diatur sejak tanaman masih kecil.

JARAK TANAM MAKSIMAL

Untuk jarak tanam maksimal dalam menanam alpukat sebenarnya tidak ada batasnya, justru semakin lebar jaraknya maka akan semakin bagus karena pohon akan lebih leluasa dan bagian pohon akan lebih banyak mendapatkan sinar matahari. Namun kelemahan dari jarak tanam yang terlalu lebar jumlah pohon yang dapat ditanam dalam satu area akan lebih sedikit.

Jarak tanam maksimal bisa diterapkan dengan ukuran 10 x 10 meter. Dengan ukuran tersebut percabangan akan lebih leluasa tanpa perlu pemangkasan atau pengaturan cabang, sinar matahari yang masuk juga lebih banyak, serta jika tanaman tidak tumbuh simetris juga masih aman. Lebih dari jarak tersebut menurut kami terlalu berlebihan kecuali jika penanamannya dilakukan dengan sistem tumpang sari dengan tanaman lain.

Demikian ulasan mengenai jarak tanam alpukat yang baik, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit alpukat ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi Channel Youtube Bibit Buahku dot com