Dalam budidaya mentimun, pengamatan lapangan perlu dilakukan untuk mengetahui serangan hama dan penyakit yang muncul sejak dini.

Untuk mengetahui macam-macam hama dan penyakit tanaman mentimun mari simak penjelasannya berikut ini.

Hama Tanaman Mentimun

Hama yang sering menyerang tanaman mentimun adalah Kutu daun yaitu Kutu Kebul ( Bemicia Tabaci ), Thrips dan Aphids, Ulat grayak ( Spodoptera Litura ), Pengorok Daun ( Liriomyza sp. ), Tungau/Mite/Cambuk Merah dan Kumbang Daun.

Kutu daun menyerang tanaman mentimun dengan gejala daun keriting dan menggulung sehingga pertumbuhan tanaman terganggu dan tidak normal.

Ulat grayak menyerang daun dan buah mentimun yang masih muda pada stadium larva.

Ulat tanah merusak tanaman pada persemaian atau pada saat awal pindah tanam dengan memotong bagian bawah tanaman.

Pengorok daun biasanya merusak daun dengan mengorok daun dan meninggalkan bekas korokan, daun yang terserang akan terlihat alur yang tak beraturan sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman dan akhirnya kering.

Tungau/Mite/Cabuk Merah menyerang tanaman sehingga daun menjadi keriting, berwarna kuning dan pada akhirnya kering.

Kumbang Daun menyerang dengan memakan daun bagian atas dan bawah sehingga daun tampak berlubang-lubang.

Penyakit Tanaman Mentimun

Penyakit utama yang biasa menyerang tanaman dan buah mentimun adalah, Dumping Off / Rebah Semai, Layu Fusarium, Layu Bakteri, Downy Mildew / Embun Bulu, Powdery Mildew / Embun Tepung dan Gummy Stem Blight.

Dumping Off (Rebah Semai)

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Phytium sp. Tanaman yang terserang terdapat bercak coklat melingkar pada pangkal batang, cara pencegahannya dengan menyemprot persemaian dengan fungisida dan mencelupkan bibit pada larutan fungisida sebelum pindah tanam.

Layu Fusarium

Tanaman mentimun yang terserang layu fusarium, tanaman layu mulai dari bagian bawah, daun dan batang layu kemudian mengering dan akhirnya mati.

Pengendaliannya dengan cara dikocor menggunakan larutan fungisida, pada lubang tanam.

Layu Bakteri

Jika tanaman mentimun terserang layu bakteri tanaman akan layu secara mendadak dan mati.

Pengendaliannya dengan cara dikocor menggunakan larutan bakterisida pada lubang tanam

Downy Mildew / Embun Bulu

Penyakit Downy Mildew / Embun Bulu menyerang tanaman dengan ditandai bercak daun kuning coklat dan bagian bawah daun terdapat spora .

Untuk pengendalian dan pencegahannya lakukan penyemprotan fungisida.

Powdery Mildew / Embun Tepung.

Pada tanaman yang terserang penyakit Powdery Mildew terdapat bercak putih pada bawah daun dan berkembang ke atas permukaan daun sehingga daun terlapisi tepung putih.

Untuk pengendalian dan pencegahannya lakukan penyemprotan fungisida.

Gummy Stem Blight

Penyakit ini muncul pada kondisi lingkungan yang panas dan lembab, serangan terjadi pada batang ruas bawah, yang ditandai dengan munculnya blendok atau gummy berwarna cokeat pada batang yang pecah.

Pencegahannya lakukan sanitasi lahan dan penggunaan benih yang tahan dan pengendaliannya, lakukan pengolesan larutan fungisida pada batang yang busuk.

Untuk pencegahan serangan hama dan penyakit, gunakan benih mentimun yang tahan dan telah diberi perlakuan pestisida, apabila terjadi serangan atau untuk pencegahan, lakukan aplikasi pestisida yang sesuai dengan OPT yang menyerang dan disesuaikan dengan dosis yang disarankan oleh produsen pestisida yang digunakan, yang biasanya tertera pada label kemasan pestisida tersebut.

Demikian penjelasan mengenai macam-macam hama dan penyakit tanaman mentimun, semoga bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih mentimun dan keperluan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Artikel Terkait

Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Sengon Tanaman sengon adalah tanaman industri yang cukup menggiurkan keuntungannya, akan tetapi tanaman sengon ini juga tak luput dari serangan hama dan peny...
Cara Budidaya Mentimun Yang Baik Budidaya mentimun sangat singkat, hanya 35-40 hari, sehingga banyak petani tertarik menanamnya, jika tertarik menanamnya anda bisa memulai dengan memi...