Faktor Penyebab Bunga dan Buah Rontok

Kerontokan bunga dan buah pada tanaman buah-buahan yang dibudidayakan memang sudah lumrah terjadi, namun jika kerontokan itu diatas ambang batas normal tentu dapat mengakibatkan hasil produksi dari tanaman yang dibudidayakan tersebut tidak optimal dan bisa mengakibatkan kerugian.

Maka dari itu kerontokan bunga dan buah pada tanaman tersebut harus segera diatasi agar tanaman buah yang dibudidayakan dapat berbuah atau berproduksi secara optimal. Kerontokan tanaman ini dapat diantisipasi sejak penanaman awal bibit dan pada proses perawatan tanaman.

Sebagai petani terutama yang masih pemula wajib mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan kerontokan pada tanaman yang dibudidayakan tersebut. Dengan mengetahuinya maka tindakan pengendalian serta pencegahannya dapat dilakukan dengan tepat.

Nah, apa saja Faktor Penyebab Bunga dan Buah Rontok tersebut? Berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

Penyebab bunga dan buah rontok diakibatkan oleh beberapa faktor, dan diantaranya telah kami rangkum dalam 7 faktor berikut ini.

  1. Faktor fisiologi, faktor ini adalah sifat dasar dari bunga dan buah itu sendiri, bunga yang kualitasnya jelek akan rontok dengan sendirinya. Selain itu secara fisiologis dari keseluruhan bunga yang terbentuk 10-20% nya akan rontok, dan itu normal.
  2. Faktor air, tanaman yang sedang berbunga dan berbuah membutuhkan air yang cukup dan terus menerus. Dan jika kurang maka akan berakibat kerontokan. Maka dari itu pada saat tanaman berbunga dan berbuah, cukupi kebutuhan airnya dengan melakukan penyiraman 2 kali sehari, pagi dan sore hari pada musim kemarau dan satu kali sehari pada musim biasa/tidak kemarau dan dilakukan pada sore hari.
  3. Serangan hama, hama yang menyerang tanaman baik itu lalat buah atau penggerek buah yang menyerang bunga dan buah secara langsung, ataupun hama yang menyerang pada bagian lain misal daun dan batang akan menyebabkan kerusakan pada tanaman yang dapat berakibat pada kerontokan bunga dan buah.
  4. Faktor usia, pada tanaman yang masih muda (belum cukup umur) jangan dipaksa untuk berbuah, karena beresiko mengalami kerontokan. Atau jika menjadi buah dan besar maka dapat berpotensi merusak tanaman itu sendiri.
  5. Faktor nutrisi, kesalahan pemberian nutrisi atau pemupukan yang tidak tepat pada saat tanaman berbunga atau berbuah juga mengakibatkan kerontokan.
  6. Faktor penyerbukan, banyak dari jenis tanaman buah yang mana bisa terjadi penyerbukan yang sempurna jika ditanam lebih dari satu pohon melalui penyerbukan silang, misalnya durian, mangga dan alpukat. Sehingga jika hanya menanam satu pohon saja maka penyerbukan tidak terjadi secara maksimal dan tidak semua menjadi buah dan akhirnya rontok.
  7. Faktor cuaca, faktor ini merupakan penyebab kerontokan yang sulit dihindari, misalnya curah hujan yang berlebihan ataupun hujan lebat disertai angin kencang. Namun jika perawatan tanaman dilakukan dengan benar meliputi pengairan, pemupukan serta pengendalian hama penyakit maka kerontokan akibat faktor cuaca ini dapat diminimalisir

Demikian ulasan mengenai Faktor Penyebab Bunga dan Buah Rontok, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda. Dan untuk mengatasi kerontokan pada tanaman buah tersebut, akan kami ulas penjelasannya secara lengkap pada artikel yang akan datang.

Untuk membeli bibit tanaman buah ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan

Bacaan Terkait