Setelah sebelumnya kita ulas mengenai Cara Mencangkok Pohon Pepaya Yang Benar tahapan selanjutnya adalah pembahasan mengenai Cara Turun Cangkok Tanaman Pepaya Dan Menanamnya Di Polybag.

Setelah cangkokan tanaman pepaya berumur 30-4 Cara Turun Cangkok Tanaman Pepaya Dan Menanamnya Di Polybag 0 hari, perhatikan pertumbuhan akar di dalam cangkokan dengan membuka plastik gelap pelindung cangkokan, jika akar sudah tumbuh banyak berarti cangkokan sudah siap ditanam.

Setelah itu pangkas daun beserta dahannya, sisakan beberapa tangkai daun yang masih muda pada bagian ujung.

Selanjutnya potong cangkokan dari pohon induknya menggunakan gunting dahan atau pisau, jika batang sudah agak besar pemotongan sebaiknya menggunakan gergaji.

Siapkan media tanam dengan komposisi tanah yang subur, steril juga gembur dan arang sekam dengan perbandingan 2:1, aduk semua bahan hingga merata.

Buka plastik cangkokan dengan hati-hati.

Agar cangkokan lebih cepat tumbuh, baik itu akar maupun tunasnya, rendam terlebih dahulu bagian akar cangkokan menggunakan larutan garam inggris atau epsom salt yang memiliki kandungan magnesium sulfat dengan dosis ½ sendok teh untuk 1 liter air, aduk hingga merata dan rendam cangkokan beberapa saat sembari menyiapkan media tanam dan polybag.

Sebelum menyiapkan polybag, siapkan terlebih dahulu tali rafia, buat simpul dengan 4 ujung untuk mengikat tanaman cangkokan dalam polybag agar tidak goyah.

Isi polybag dengan media tanam yang telah disiapkan sebelumnya ¼ bagian terlebih dahulu, letakkan polybag diatas tali tersebut, masukkan bibit cangkokan ke dalamnya, usahakan tepat di tengah dan tegak lurus, timbun cangkokan dengan memasukkan media tanam hingga penuh kemudian siram media menggunakan air sisa rendaman.

Ikatkan tali rafia yang sudah disiapkan tadi pada polybag dan ikatkan pula pada bibit agar bibit yang telah ditanam dalam polybag tidak mudah goyah, selanjutnya letakkan di tempat yang teduh.

Demikian ulasan mengenai Cara Turun Cangkok Tanaman Pepaya Dan Menanamnya Di Polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih pepaya ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Agro Toko