Sebagaimana telah kita ketahui bersama Labu madu atau Butternut Squash/Butternut Pumpkin adalah buah yang berasal dari Waltham, Amerika Serikat, bentuknya seperti bohlam, memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur lembut, serta memiliki banyak manfaat bagi tubuh, sangatlah cocok menjadi pilihan makanan sehat bagi keluarga.

Labu madu ini cukup mudah untuk dibudidayakan, bahkan selain dapat ditanam langsung pada lahan tanaman ini dapat pula ditanam di polybag dan diletakkan di pekarangan sekitar rumah.

Untuk mengetahui Cara Tanam Labu Madu di Polybag, silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

BENIH

Sebelum memulai menanam labu madu, hal penting yang harus dilakukan adalah memilih benih berkualitas unggul, karena benih unggul memiliki daya tumbuh yang tinggi serta ketahanan yang baik terhadap serangan hama dan penyakit, sehingga keberhasilan budidayanya lebih tinggi.

Benih labu madu berkualitas unggul kini sangat mudah didapatkan di toko-toko pertanian di sekitar anda baik itu offline atau online seperti SentraTani.com.

MEDIA TANAM

Media tanam yang digunakan berupa campuran tanah subur, sekam padi, pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1, campurkan semua bahan dengan mengaduknya hingga merata, kemudian masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag berukuran 50×40 cm.

Berikan pupuk dasar pada media tanam dalam polybag berupa pupuk NPK 16:16:16 dengan dosis 5-10 gram per polybag. Buat lubang untuk memasukkan pupuk, tidak perlu terlalu dalam atau cukup di permukaan saja. Masukkan pupuk sesuai dosis dan tutup kembali. Kemudian siram media tanam tersebut agar kondisinya tetap lembab. Diamkan media sembari menunggu proses penyemaian benih sehingga media steril dan mempunyai nutrisi yang nantinya siap diserap oleh tanaman.

PENYEMAIAN BENIH

Setelah benih siap tahapan selanjutnya adalah melakukan penyemaian. Jika benih yang akan ditanam merupakan benih pabrikan biasanya sudah siap tanam tanpa perlu perlakuan khusus, namun jika bukan benih pabrikan terlebih dahulu harus direndam dalam larutan fungisida/bakterisida selama 2 jam agar benih terbebas dari patogen yang berbahaya bagi pertumbuhan benih.

Sembari menunggu perendaman benih, siapkan media persemaian yaitu berupa tanah subur yang dimasukkan ke dalam polybag-polybag kecil dan diikuti dengan penyiraman.

Tiriskan benih kemudian tanam pada media persemaian dengan posisi lancip benih berada di bagian bawah.

Setelah 2 minggu dari penyemaian, bibit hasil penyemaian sudah tumbuh dan sudah dapat ditanam pada polybag-polybag yang telah disiapkan sebelumnya.

TAHAP PENANAMAN

Buat 1 lubang tanam pada setiap polybag sesuai ukuran bibit, buka polybag bibit secara hati-hati agar medianya tidak pecah kemudian tanam bibit pada lubang tanam tersebut, hingga erat tertanam dan tidak mudah roboh, kemudian ikuti dengan penyiraman.

Demikian ulasan mengenai Cara Tanam Labu Madu di Polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih labu madu ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN