Menanam aglaonema tanpa akar biasanya dilakukan oleh pembudidayanya untuk memperbanyak tanaman aglaonemanya, yaitu dengan memotong ujungnya untuk ditanam kembali sebagai tanaman yang baru. Yang menjadi pertanyaan apakah dengan menanamnya tanpa akar tanaman tidak layu atau mati?

Untuk itu mari simak penjelasan lengkap mengenai Cara Tanam Aglaonema Tanpa Akar pada artikel berikut ini.

Cara menanam aglaonema tanpa akar seperti ini sebenarnya cukup mudah, bahkan dapat dilakukan siapa saja dan tidak membutuhkan persyaratan yang rumit, akan tetapi membutuhkan ketelatenan tentunya agar proses penanaman ini berhasil.

BAHAN DAN ALAT

Sebelum memulai penanaman terlebih dahulu kita siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

  1. Tanaman aglaonema yang akan dipotong
  2. Pasir malang sebagai media tanam
  3. Betadine
  4. Pot ukuran kecil
  5. Pisau
  6. Floral foam
  7. Vitamin B1

TAHAP PENANAMAN

Potong ujung tanaman aglaonema yang akan ditanam, potongan minimal memiliki 4 helai daun, pemotongan dilakukan di bawah ruas daun yang ke 4.

Setelah dipotong keringkan getahnya menggunakan tisu. Setelah kering oleskan betadine pada potongan tersebut secukupnya dan biarkan hingga meresap dan kering.

Sembari menunggu kering, potong floral foam berbentuk dadu menyesuaikan dengan ukuran batang aglaonema kemudian rendam dalam larutan vitamin B1.

Setelah kering, tancapkan potongan batang aglaonema pada potongan floral foam sedalam 2-3 cm, cara menancapkannya harus sekali jadi jangan diulang-ulang.

Siapkan media tanamnya yaitu berupa pasir malang dan masukkan ke dalam pot yang telah disiapkan. Tanam batang aglaonema beserta floral foamnya pada media tanam tersebut hingga erat tertanam dan tidak mudah goyah.

Letakkan pot tersebut di atas wadah yang digenangi air, dengan posisi dasar pot terendam air pada 1/3 bagian tinggi pot.

Jika cara tersebut diatas dilakukan dengan benar biasanya akar akan tumbuh setelah 20 hari dari penanaman. Akar tumbuh dan tampak setelah menembus floral foam. Dan selama proses penanaman ini tidak ada daun yang layu apalagi rontok.

Tanaman aglaonema dari pemotongan pucuk dapat ditanam pada media tanam pada umumnya setelah berusia 1 bulan sejak penanaman.

Demikian ulasan mengenai cara tanam aglaonema tanpa akar, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman hias aglaonema ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Semi Aglao