Dalam budidaya tanaman hias aglaonema, pemilihan media tanam yang tepat merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, karena jika salah dalam pemilihan dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman terganggu bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Bagi pemula pemilihan media tanam ini butuh ketelitian agar tidak salah pilih. Sebenarnya media tanam aglaonema dapat dibuat dengan komposisi bahan sederhana, mudah didapat dan dengan harga yang terjangkau.

Media tanam yang dapat digunakan untuk menanam aglaonema sangat bervariasi, dan setiap penghobi atau petani aglaonema memiliki komposisi bahan yang berbeda-beda.

Namun inti dari media tanam aglaonema yang baik itu ada dua syarat, yaitu media harus poros dan media juga harus subur sehingga dapat memenuhi unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Untuk mengetahui Cara Membuat Media Tanam Aglaonema Untuk Pemula meliputi pemilihan bahan yang memenuhi syarat, mudah didapatkan dan harga terjangkau silakan simak penjelasannya berikut ini.

BAHAN-BAHAN

Bahan-bahan untuk media tanam aglaonema sederhana yang mudah didapatkan, harga terjangkau dan tentunya sudah memenuhi persyaratan (porous dan subur) diantaranya adalah:

  1. Sekam mentah
  2. Sekam Bakar
  3. Kompos/Tanah Subur
  4. Cocopeat

Sekam mentah dan sekam bakar berfungsi untuk menjaga media tanam aglaonema tetap dalam keadaan porous. Porous adalah sifat media tanam yang mempunyai pori-pori dalam jumlah banyak sehingga kemampuan menyerap air tinggi, sehingga saat disiram, air tidak terlalu lama mengendap di dalam media karena batang aglaonema relatif basah dan mudah sekali busuk, sehingga jika air terlalu lama mengendap pada media akan sangat beresiko terjadi busuk akar dan batang aglaonema.

Penting untuk diperhatikan bahwa sekam mentah yang digunakan adalah sekam mentah yang telah difermentasi atau sekam mentah yang telah lapuk dengan mendiamkannya selama 2-3 bulan.

Sedangkan kompos bermanfaat untuk menyuplai unsur hara bagi tanaman aglaonema sehingga tanaman dapat tumbuh subur.

Media tanam aglaonema yang baik juga harus mampu menyimpan air dalam kadar yang cukup atau tetapi tidak berlebihan, dengan kata lain media tanam dalam keadaan lembab. Dan dalam hal menjaga kelembaban media tanam ini dapat digunakan cocopeat.

Perlu diingat bahwa cocopeat yang dapat digunakan adalah cocopeat yang sudah disterilkan dari zat tanin yang terkandung didalamnya, karena zat tanin tersebut dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Cara sederhana untuk menghilangkan zat tanin tersebut adalah   dengan mencuci cocopeat. Letakkan cocopeat di atas saringan, alirkan air di atasnya, remas-remas cocopeat hingga air cuciannya jernih, kemudian keringkan dengan menjemurnya dibawah sinar matahari. Sebelum digunakan, basahi terlebih dahulu cocopeat hingga lembab, jangan terlalu basah, yaitu jika dipegang tidak basah akan tetapi dingin/mengandung air.

PROSES PEMBUATAN

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah dengan mencampurkan semua bahan media tanam tersebut dengan perbandingan antara sekam mentah, sekam bakar, tanah subur/kompos dan cocopeat adalah 1:1:1:1. Campurkan semua bahan dengan cara mengaduknya hingga benar-benar merata, dan media tanam aglaonema siap untuk digunakan.

Demikian ulasan mengenai cara membuat media tanam aglaonema untuk pemula, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman hias aglaonema, fungisida, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Jaldik Plants