Dalam budidaya tanaman hias aglaonema, perawatan tanaman merupakan hal mutlak yang harus dilakukan agar tanaman tumbuh sehat dan optimal. Akan tetapi meskipun telah dilakukan perawatan, terkadang beberapa penyakit masih saja menyerang.

Penyakit yang sering muncul adalah tanaman hias aglonema layu yang salah satunya disebabkan oleh busuknya akar. Dan jika tanaman sudah terserang busuk akar, harus segera dilakukan tindakan karena jika terlambat tanaman bisa mati.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi aglaonema layu yang disebabkan oleh busuk akar silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Caranya adalah cabut atau bongkar tanaman dari medianya, bersihkan akar dengan cara mencucinya, potong batang dan akar yang busuk, perhatikan pada penampang potongan, jika terdapat bintik merah lakukan pemotongan kembali di ruas atasnya, lakukan hingga pada penampang potongan terlihat bersih tanpa bintik merah, yang menandakan batang tanaman tersebut masih sehat. Pemotongan ini dilakukan diantara ruas batang tanaman.

Setelah dipotong, oleskan fungisida pada penampang potongan dan sebagian pangkal batang untuk mencegah tumbuhnya jamur kemudian kering anginkan.

Gulung dan satukan semua daunnya dengan menatanya sedemikian rupa hingga rapi kemudian ikat menggunakan karet. Tujuannya adalah agar daun tidak layu, menguning dan mengering.

Oleskan perangsang akar seperti Root Up pada potongan dan pangkal batang untuk merangsang dan mempercepat tumbuhnya akar baru, kemudian kering anginkan hingga benar-benar kering sebelum dilakukan penanaman.

Sembari menunggu keringnya perangsang akar, siapkan media tanam seperti biasa sebagaimana telah diuraikan pada artikel sebelumnya, masukkan media tanam tersebut ke dalam pot kecil.

Tanam aglaonema pada media dalam pot tersebut, sedikit padatkan agar tanaman tertanam erat dan tidak mudah goyah.

Selanjutnya lakukan penyiraman untuk mempertahankan kelembaban tanaman dan media tanamnya. Penyiraman ini menggunakan air yang telah dicampur dengan fungisida, bakterisida dan vitamin B1.

Sungkup aglaonema agar tanaman tidak layu dan kelembabannya terjaga menggunakan plastik transparan dan diikat dengan pot agar tidak mudah lepas. Selama proses penyungkupan yaitu sekitar 2 minggu atau lebih tidak perlu dilakukan penyiraman. Maka dari itu agar media tetap lembab, usahakan untuk menggunakan bahan tambahan cocopeat dalam pembuatan media tanam, karena cocopeat ini dikenal kemampuannya yang cukup baik dalam mengikat air sehingga kelembaban media tanam tetap terjaga.

Jika terdapat daun yang menguning, sungkup dapat dibuka, keluarkan daun tersebut dan sungkup kembali.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Aglaonema Layu, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli tanaman hias aglaonema ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Flower Mix Studio