Salah satu cara perbanyakan tanaman jeruk lemon adalah dengan stek batang. Stek jeruk lemon yang akan kita ulas kali ini merupakan teknik stek yang sangat sederhana dan tidak memerlukan teknik dan keahlian khusus sehingga cukup mudah untuk dilakukan.

Penyetekan ini juga dilakukan tanpa menggunakan perangsang akar dan tanpa penyungkupan, berikut ini ulasan Cara Stek Jeruk Lemon :

Siapkan alat dan bahan

  • Ranting atau dahan tanaman jeruk lemon yang sehat, terhindar dari serangan hama dan penyakit dan juga merupakan tanaman yang produktivitasnya baik.
  • Media tanam stek berupa campuran tanah dan kompos.
  • Wadah media tanam berupa polybag, gelas plastik bekas air mineral atau wadah sejenis lainnya, lubangi bagian bawahnya.

Langkah-langkah penyetekan

Campurkan media tanam berupa tanah, abu sekam dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, aduk hingga merata.

Masukkan media tanam tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan, yaitu berupa polybag, gelas plastik bekas air mineral atau wadah sejenis lainnya.

Potong ujung batang/ranting lemon yang akan distek dengan panjang kurang lebih 20cm, sisakan beberapa daun di ujungnya.

Tanam batang stek dengan cara menancapkannya, kemudian padatkan media agar batang stek tertanam erat dan tidak mudah goyah, kemudian siram secukupnya. Letakkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Setelah berumur 2-3 minggu, stek sudah bisa dijemur di bawah sinar matahari pagi.

Setelah stek berumur kurang lebih 3 minggu, biasanya sudah mulai tumbuh akar dan akar akan terlihat jika wadah penyetekan menggunakan gelas bekas air mineral atau wadah transparan.

Demikian ulasan mengenai cara stek alpukat menggunakan perangsang alami lidah buaya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit jeruk ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube KOK KA LAI