Stek merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan bagian atau potongan dari tanaman, sehingga akan tumbuh menjadi tanaman yang baru. Macam-macam atau jenis stek tanaman untuk perkembangbiakan tanaman ada tiga jenis yaitu stek batang, stek daun dan juga stek akar.

Salah satu keuntungan dari stek adalah tanaman yang baru akan memiliki sifat yang sama dengan sifat induknya.

Terdapat berbagai jenis tanaman yang dapat dilakukan penyetekan, salah satunya adalah tanaman buah jambu air dengan metode stek batang. 

Untuk selengkapnya mari simak ulasan mengenai Cara Stek Jambu Air Menggunakan Perangsang Alami berikut ini :

ALAT DAN BAHAN

  • Pisau atau cutter
  • Gunting dahan
  • Entres/batang yang akan di stek
  • Daun lidah buaya
  • Cocopeat
  • Cup plastik/gelas plastik bekas air mineral
  • Lakban

PERSIAPAN MEDIA STEK

Masukkan cocopeat ke dalam cup plastik hingga 3/4 bagian, bagian bawah cup tidak perlu dilubangi. Perlu diingat bahwa cocopeat yang dapat digunakan untuk media tanam adalah cocopeat yang sudah disterilkan dari zat tanin yang terkandung didalamnya, karena zat tanin tersebut dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Cara sederhana untuk menghilangkan zat tanin tersebut adalah dengan mencuci cocopeat. Letakkan cocopeat di atas saringan, alirkan air di atasnya, remas-remas cocopeat hingga air cuciannya jernih, kemudian keringkan dengan menjemurnya dibawah sinar matahari. Sebelum digunakan, basahi terlebih dahulu cocopeat hingga lembab, jangan terlalu basah, yaitu jika dipegang tidak basah akan tetapi dingin/mengandung air. Padatkan cocopeat agar tidak cepat kering. Penggunaan media cocopeat ini terhitung lebih efisien karena tidak perlu penyiraman hingga bibit stek hidup.

TAHAP PENYETEKAN

Pilih dan potong batang yang akan distek dari tanaman induk, pilih batang yang sehat, pertumbuhannya bagus dan tidak sedang tumbuh tunas/pupus/cabang dorman, pilih yang agak tua yang ditandai dengan batang berwarna kecoklatan.

Potong-potong batang/cabang yang telah dipilih dengan panjang sekitar 10 cm atau paling tidak memiliki 1 ruas/mata tunas.

Pada bagian pangkal batang yang akan distek buat dua sayatan, tujuannya agar akar yang nantinya tumbuh akan lebih banyak karena tempat tumbuh akar adalah di antara kulit batang dan kayu, sehingga dengan membuat 2 sayatan tempat tumbuhnya akar akan lebih luas dan nantinya dapat menumbuhkan akar yang lebih banyak jika dibandingkan hanya mengandalkan satu permukaan potongan saja.

Potong daun lidah buaya sepanjang 2-3 cm kemudian tancapkan pangkal batang tanaman jambu air yang akan distek, jangan dilepas lagi karena daun lidah buaya tersebut akan ditanam bersama batang stek sebagai perangsang alami.

Tanam batang yang telah disiapkan tersebut kedalam media tanam dalam cup, tambahkan media tanam hingga penuh, kemudian padatkan perlahan agar batang stek berdiri tegak.

Tutup stekan menggunakan cup yang sama, kemudian satukan kedua cup menggunakan lakban atau sejenisnya agar benar-benar rapat sehingga kelembaban media stek terjaga dan tidak cepat kering.

Setelah semua proses selesai letakkan pada tempat yang teduh dan sejuk, setelah berumur sekitar 21 hari dari penyetekan biasanya sudah tumbuh tunas dan daun baru.

Kelebihan stek dengan metode sungkup seperti ini sangatlah mudah bahkan tanpa penyiraman maupun perawatan lainnya asalkan langkah-langkah tersebut diatas dilakukan dengan benar insyaallah stek akan tumbuh dengan baik.

Demikian ulasan mengenai Cara Stek Jambu Air Menggunakan Perangsang Alami semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman buah jambu air ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Muttaqin