Stek merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan bagian atau potongan dari tanaman, sehingga akan tumbuh menjadi tanaman yang baru. Macam-macam atau jenis stek tanaman untuk perkembangbiakan tanaman ada tiga jenis yaitu stek batang, stek daun dan juga stek akar.

Salah satu keuntungan dari stek adalah tanaman yang baru akan memiliki sifat yang sama dengan sifat induknya.

Terdapat berbagai jenis tanaman yang dapat dilakukan penyetekan, salah satunya adalah tanaman buah delima jenis red spanyol dengan metode stek batang.

Stek tanaman buah delima ini sangat praktis dan mudah, bahkan dapat dilakukan dengan tanpa perangsang akar sekalipun.

Kunci dari stek tanaman delima ini berada pada pemilihan batang/cabang tanaman delima yang akan distek, pemilihan media tanam stek yang tepat dan proses pemeliharaan stek.

Untuk selengkapnya mari simak ulasan mengenai Cara Stek Batang Tanaman Delima berikut ini :

PERSIAPAN ALAT DAN BAHAN

Langkah pertama yaitu menyiapkan alat dan bahan, diataranya adalah :

  • Tanaman induk yang sehat, bebas dari serangan hama dan penyakit dan produktivitasnya tinggi, yang akan diambil batangnya untuk di stek
  • Gunting tanaman atau pisau yang tajam
  • Polybag ukuran sedang
  • Media tanam berupa tanah bagian dalam
  • Gelas plastik bekas air mineral
  • Pasir

PERSIAPAN MEDIA STEK

Masukkan tanah kedalam polybag, hingga hampir penuh atau sekitar 2-3 cm dari permukaan polybag. Tanah yang digunakan adalah tanah bagian dalam yang berupa tanah murni yang tidak banyak mengandung unsur hara dengan sifat dan ph netral.

TAHAP PENYETEKAN

Pilih dan potong batang yang akan distek dari tanaman induk, pilih batang yang sehat, pertumbuhannya bagus dan tidak sedang tumbuh tunas/dorman, pilih yang agak tua yang ditandai dengan batang berwarna hijau kecoklatan. Pemotongan dari tanaman induk sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari saat sinar matahari tidak terik agar batang tetap segar. Daun pada batang tidak perlu dipangkas.

Potong-potong batang/cabang yang telah dipilih dengan panjang sekitar 10 cm atau paling tidak memiliki 2 ruas.

 

Potongan batang stek yang dipakai adalah batang yang banyak mengandung bahan makanan (karbohidrat) untuk menyediakan makanan pada stek. Pada bagian pucuk adalah rendah karbohidrat sehingga perlu untuk dibuang. Bahan stek yang bagus adalah terletak pada bagian tengah dan dasar cabang/ranting.

Tancapkan batang stek pada polybag, padatkan tanah disekitar batang agar benar-benar rapat.

Tutup stekan menggunakan gelas plastik bekas air mineral agar kelembaban terjaga dengan baik sehingga stekan tidak mudah kering.

Taburkan pasir di samping gelas dimana pasir tersebut berfungsi agar gelas plastik menutup dengan rapat dan tidak mudah goyah.

Kemudian siram menggunakan air biasa diatas pasir hingga benar-benar basah.

Setelah 2 bulan biasanya bibit stek sudah mulai tumbuh tunas.

Demikian ulasan mengenai Cara Stek Batang Tanaman Delima semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman buah delima ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Agro Toko