Pembibitan/perbanyakan tanaman aglaonema secara vegetatif salah satunya dapat dilakukan dengan metode stek. Stek atau stek batang adalah metode perbanyakan tanaman dengan menanam potongan batang tanaman induk sehingga akan tumbuh menjadi tanaman yang baru.

Metode stek ini dipilih karena cukup mudah untuk dilakukan dan lebih hemat dalam menggunakan bahan dari tanaman induk. Selain itu keuntungan dari stek adalah tanaman yang baru akan memiliki sifat yang sama dengan sifat induknya.

Stek pada tanaman aglaonema ini biasanya dilakukan pada tanaman yang telah tua dan memiliki batang tinggi dan tidak kunjung memiliki tunas-tunas anakan yang baru, karena semakin lama tumbuh, tanaman aglaonema akan semakin tinggi dan memiliki batang yang panjang sehingga penampilannya menjadi kurang indah. Dan jika dibiarkan akan bertambah semakin tinggi dan rentan patah.

Untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan stek batang yaitu dengan memotong tanaman menjadi beberapa bagian dan menanamnya kembali agar menjadi tanaman-tanaman yang baru. Proses penyetekan ini cukup mudah dilakukan sehingga resiko kegagalan dalam perlakuan ini sangat kecil.

Untuk lebih jelasnya silakan simak penjelasan mengenai Cara Stek Aglaonema pada artikel berikut ini.

SIAPKAN ALAT DAN BAHAN

  • Tanaman aglaonema dengan kriteria seperti yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Fungisida atau obat anti jamur
  • Obat stek berupa Root Up. Root up merupakan hormon perangsang akar pada perbanyakan vegetatif (cangkok atau stek). Root up mengandung fungisida untuk mencegah jamur, infeksi dan berbagai penyakit di bagian yang terluka / terkena sayatan. Root Up berbentuk tepung bubuk putih, mengandung auksin yang merupakan zat pengatur tumbuh (ZPT).
  • Media tanam stek.
  • Wadah media tanam berupa baki, polybag atau wadah sejenis lainnya.
  • Pisau untuk memotong.
  • Air

PERSIAPAN BATANG STEK

  • Potong tanaman aglaonema menjadi beberapa bagian, dengan panjang dari masing-masing potongan adalah 3-4 cm. Yang perlu diperhatikan dalam pemotongan ini adalah posisi potongan tersebut adalah diantara ruas-ruasnya, tujuannya agar tidak memotong calon-calon mata tunas dan akar.
  • Oleskan fungisida pada setiap potongan batang stek, kemudian kering anginkan.
  • Setelah fungisida kering, oleskan ZPT yaitu Root Up. Campur obat stek root up,  dengan sedikit air, aduk hingga menjadi pasta dan oleskan pada setiap potongan, diamkan hingga mengering. 

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Sembari menunggu keringnya batang stek, terlebih dahulu siapkan media tanam.

Media tanam stek ini sama dengan media tanam aglaonema pada umumnya dengan ditambahkan sedikit cocopeat. Fungsi cocopeat ini adalah agar kelembaban media tanam tetap terjaga dengan baik, karena cocopeat ini dikenal mampu menyimpan air dalam waktu lama, mengingat selama proses stek (sekitar 3 minggu) tidak dilakukan penyiraman. Untuk membuat media tanam aglaonema silakan simak artikel kami sebelumnya yaitu Cara Membuat Media Tanam Aglaonema.

Masukkan media tanam tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan, yaitu berupa baki, polybag atau wadah sejenis lainnya, siram hingga media basah merata menggunakan air yang telah ditambahkan sedikit fungisida.

PENANAMAN BATANG STEK

Setelah kering, tanam batang stek pada media tersebut dengan posisi horizontal atau dibaringkan, usahakan batang stek masih terlihat, jangan ditanam semua untuk menghindari batang stek membusuk.

Sungkup stek menggunakan plastik transparan, ikat bagian bawah sungkup dengan wadah menggunakan tali. Sungkup ini dapat dibuka 1 minggu sekali untuk pengontrolan saja. Tujuan penyungkupan ini adalah untuk menjaga kelembaban media tanam stek.

Letakkan pada tempat yang teduh tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung.

Stek batang tanaman manggis biasanya akan tumbuh tunas-tunas baru setelah 3 minggu sejak penanaman batang stek.

Demikian ulasan mengenai Cara Stek Aglaonema, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli tanaman hias aglaonema ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Flower Mix Manado