Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia, mulai dari terong ungu, terong hijau, terong putih yang biasanya banyak dimasak sebagai sayuran.

Akan tetapi dari beberapa jenis terong tersebut terdapat satu jenis terong yang biasa dimanfaatkan untuk dikonsumsi sebagai lalapan sehingga terong tersebut dikenal dengan nama terong lalap.

Bentuk terong ini berbeda dengan terong pada umumnya yang berbentuk lonjong, dimana terong ini berbentuk bulat dengan warna hijau bercorak putih.  

Terong jenis ini dijadikan lalapan karena memiliki tekstur yang renyah yang membuatnya enak dimakan bareng sambal atau sebagai lalapan.

Langkah awal dalam budidaya terong lalap ini adalah dengan mempersiapkan bibitnya. Bibit terong diperoleh dari penyemaian benihnya, dan untuk mendapatkan bibit yang baik, selain menggunakan benih yang berkualitas unggul tentunya perlu adanya teknik penyemaian untuk mendapatkan bibit tanaman yang bagus, sehingga saat dipindah tanam pada lahan, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal, di samping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu akan diperoleh keseragaman tanaman dan pertumbuhan tanaman yang kompak dan seragam.

Maka dari itu tahapan proses penyemaian harus dilakukan dengan sebaik mungkin, Adapun penjelasan lengkap mengenai Cara Semai Benih Terong Lalap, silakan simak tahapan-tahapannya pada artikel berikut ini.

PERSIAPAN BENIH

Pilihlah benih terong lalap berkualitas unggul yang mana saat ini sudah tersedia benih-benih terong lalap berkualitas unggul dengan berbagai merek dagang. Benih unggul dipilih karena memiliki daya tumbuh yang tinggi dan ketahanan yang baik terhadap serangan hama serta penyakit.

Benih-benih terong berkualitas saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian seperti SentraTani.com.

PERSIAPAN MEDIA SEMAI

Siapkan media persemaian dengan komposisi tanah, sekam padi dan pupuk organik/kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:2, campurkan semua bahan hingga merata dan masukkan ke dalam wadah persemaian berupa polybag kecil berukuran 6×7. Diamkan media tersebut minimal satu minggu sebelum digunakan untuk menyemai.

PENANAMAN BENIH

Setelah media semai dalam polybag siap, saatnya melakukan penanaman/penyemaian benih. Buat lubang tanam pada media semai sedalam 1 cm, masukkan 1 benih terong lalap pada setiap lubang kemudian tutup kembali.

Semprot persemaian menggunakan insektisida agar benih aman dari gangguan serangga atau hama tanah.

Letakkan persemaian di tempat teduh, dan tutup menggunakan plastik gelap agar perkecambahan benih lebih cepat. Setelah satu minggu dari penyemaian benih terong lalap biasanya sudah berkecambah dan penutup sudah dapat dibuka.

Bibit terong lalap hasil dari penyemaian benih sudah dapat ditanam pada lahan atau polybag yang lebih besar setelah memiliki 4-6 daun.

Demikian ulasan mengenai Cara Semai Benih Terong Lalap, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih terong ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Safeea Official