Cara Pemupukan Cabe Rawit dalam Polybag

Pemupukan tanaman cabe rawit baik itu ditanam langsung atau ditanam pada polybag terbagi dalam 2 fase yaitu pada fase vegetatif (pertumbuhan) dan fase generatif (pembungaan dan pembuahan). Akan tetapi pada kesempatan kali ini akan kita ulas mengenai pemupukan tanaman cabe rawit dalam polybag fase vegetatif dan untuk pemberian yang pertama kali atau setelah bibit cabe ditanam.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai Cara Pemupukan Cabe Rawit dalam Polybag meliputi jenis pupuk, dosis serta waktu dan cara aplikasinya, silakan simak ulasannya berikut ini.

JENIS PUPUK

  • NPK 16-16-16
  • Ultradap dengan kandungan 60% phospat dan 12% nitrogen yang berfungsi untuk memacu pertumbuhan. Penggunaan pupuk dengan unsur phospat lebih dominan ini karena untuk awal pertumbuhan tanaman cabe unsur phospat lebih dibutuhkan daripada nitrogen.

DOSIS & CARA APLIKASI

Agar pupuk dapat memberikan manfaat yang optimal bagi tanaman maka dalam penggunaannya harus dengan dosis yang tepat. Nah dosis pupuk yang akan kita hitung kali ini adalah dengan takaran untuk setiap liter air, karena pemupukan akan kita aplikasikan dengan cara dikocorkan.

Sebagai contoh kita akan membuat takaran untuk 20 liter air, dosis pupuk Ultradapnya adalah 6 sendok makan dan pupuk NPKnya adalah 10 sendok makan.

Sebagai bahan tambahan agar tanaman bebas dari hama penyakit seperti layu fusarium (sebagai langkah pencegahan) tambahkan Anfush. Bio Fungisida organik anfush adalah fungisida hayati dengan kandungan utama organisme pengurai seperti Gliocladium sp, Trichoderma sp, dan bakteri pengurai lainnya yang sangat bagus untuk membasmi virus jamur patogen pada tanaman dan menjaga keseimangan unsur hara pada tanah. Untuk 20 liter air dosisnya adalah 5 sendok makan.

Tambahkan pula bakteri fotosintesis dengan dosis 200 ml per 20 liter air yang berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan pada tanaman cabe terutama dalam hal fotosintesis yang terjadi pada daun.

Related Post

Dan untuk bahan tambahan berikutnya adalah 100 ml molase.

Masukkan semua bahan sesuai dosis ke dalam 20 liter air, aduk semua bahan hingga tercampur dengan merata.

Cara aplikasinya adalah dengan mengocorkan atau menyiramkannya di sekitar pangkal tanaman pada polybag. Adapun dosis aplikasinya adalah 200 ml per tanaman, sehingga dari 20 liter larutan pupuk dapat diaplikasikan pada 100 tanaman cabe.

Adapun aplikasi pupuk pertama pada tanaman cabe rawit dalam polybag ini dilakukan setelah tanaman berusia 2 minggu setelah tanam.

Demikian ulasan mengenai Cara Pemupukan Cabe Rawit dalam Polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih cabe, pupuk, pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Aris Pipit