Bibit tanaman ubi ungu dapat diperoleh dengan cara vegetatif dan generatif.

Cara vegetatif, yaitu perbanyakannya/pembibitan dengan cara stek, artinya bibit diambil dari tanaman yang berumur diatas 2 bulan dengan cara memilih batang yang telah berakar, subur dan sehat, kemudian potong batang tanaman kurang lebih 20 cm, usahakan setiap potongan memiliki 2 ruas batang, setelah itu simpan bibit di tempat lembab dan teduh selama sekitar 1 minggu sampai tumbuh akarnya.

Kelemahan perbanyakan bibit tanaman dengan cara stek adalah hanya dapat dilakukan hingga 3-5 kali saja, sebab apabila hal ini terus menerus dilakukan maka produksi ubi ungu yang dihasilkan akan menurun kualitasnya. Oleh karena itu setelah 3-5 kali budidaya ubi ungu dilakukan dengan cara stek, maka pada periode selanjutnya sebaiknya budidaya dilakukan dengan cara generatif.

Berikut ini penjelasan Cara Pembibitan Ubi Jalar Ungu dengan cara generatif untuk memperbaiki kualitas produksi.

Bahan yang dibutuhkan untuk melakukan perbanyakan ubi ungu melalui umbi diantaranya adalah :

  • Umbi yang bagus dan usianya sudah tua yaitu 3-4 bulan
  • Sekam bakar untuk media semai
  • Polybag, baki atau wadah lainnya untuk wadah semai

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ;

  • Potong ubi menjadi 2-3 bagian
  • Semai umbi yang telah dipotong tersebut dengan cara menanamnya pada polybag yang telah diisi media berupa arang sekam/sekam bakar, dalam penanaman usahakan umbi masih terlihat sekitar ΒΌ bagian
  • Siram hingga lembab, kemudian tutup menggunakan plastik gelap agar kelembabannya terjaga
  • Selama proses persemaian lakukan pula penyiraman agar media tetap lembab
  • Pada umur 9 hari setelah semai biasanya sudah mulai tumbuh tunas, dan setelah berumur sekitar 2 minggu segera pindahkan ke polybag untuk pembibitan sementara (sebelum ditanam pada lahan sesungguhnya, karena jika langsung ditanam pada lahan bibit masih terlalu muda) dan untuk menghindari kematian, karena pada media semai hanya terdapat nutrisi yang terbatas yakni berupa arang sekam saja.
  • Sebelum dipindah, siapkan terlebih dahulu polybag dan media tanam dengan komposisi tanah, arang sekam dan pupuk kandang yang sudah matang atau sudah di fermentasi dengan perbandingan 1:1:1, aduk hingga merata dan masukkan kedalam polybag kemudian siram media pada polybag tersebut.
  • Pindahkan tunas bibit dari media semai ke dalam media tanam sementara pada polybag dengan cara memotong dan memisahkannya dari umbi satu persatu kemudian tanam pada polybag.
  • Untuk menghindari stres yang berlebihan, letakkan bibit pada ruang sungkup berupa plastik setinggi sekitar 60 cm selama sekitar 1 minggu.

Demikian ulasan mengenai Cara Pembibitan Ubi Jalar Ungu, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih, bibit, pestisida, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN