Cara Pembibitan Terong dari Buahnya

Tahap awal dalam budidaya tanaman terong tentunya adalah menyiapkan bibitnya. Pembibitan tanaman terong sangat mudah dan murah untuk dilakukan bahkan bagi anda yang masih pemula sekalipun. Pembibitan tanaman terong ini dapat dilakukan dengan menggunakan buah dari penanaman sebelumnya, tentunya dari buah yang besar, bagus, sudah tua dan dari tanaman yang bagus pula. Karena bibit merupakan salah satu penunjang keberhasilan budidayanya, maka dalam melakukan pembibitan ini harus dilakukan dengan baik dan benar.

Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan mengenai Cara Pembibitan Terong dari Buahnya berikut ini.

SIAPKAN BENIH/BIJI TERONG

Benih/biji terong ini dapat diperoleh dari tanaman terong sebelumnya, pilihlah terong yang sudah benar-benar tua yang telah kuning atau matang di pohonnya.

Kupas kulit luarnya, sisakan bagian dalam yang menyimpan biji. Rendam selama 3 hari agar terong menjadi lunak untuk memudahkan dalam pemisahan biji dari daging buah.

Setelah 3 hari perendaman terong sudah menjadi lunak, remas-remas terong untuk memisahkan biji dari daging buahnya. Setelah terpisah tiriskan biji kemudian jemur hingga kering, jika cuaca panas terik penjemuran cukup dilakukan 20 menit saja, dan setelah kering biji/benih siap untuk disemaikan.

TAHAP PENYEMAIAN  

Terlebih dahulu siapkan media persemaiannya. Komposisi media persemaian yang digunakan adalah campuran tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, aduk dan campurkan hingga merata kemudian masukkan ke dalam polybag agak besar, baki persemaian atau sejenisnya. Siram hingga merata.

Taburkan biji terong di atas media semai secara merata dan jangan terlalu rapat, kemudian tutup menggunakan media yang sama tipis saja dan ikuti dengan penyiraman. Letakkan persemaian benih terong di bawah naungan yang sedikit terkena sinar matahari.

Setelah persemaian berumur sekitar 2 minggu dari penyemaian, bibit sudah tumbuh dan memiliki beberapa daun. Dan pada usia ini dapat dilakukan penyapihan bibit dengan memindahkan bibit pada polybag-polybag kecil agar pertumbuhan bibit lebih optimal.

TAHAP PENYAPIHAN BIBIT

Penyapihan bibit ini diawali dengan persiapan media tanam. Komposisi media tanam bibit yang digunakan adalah campuran tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, aduk dan campurkan hingga merata kemudian masukkan ke dalam polybag kecil dan siram secukupnya.

Cabut bibit secara hati-hati dari persemaian kemudian tanam satu bibit pada setiap polybag dan ikuti dengan penyiraman.

Setelah bibit berumur kurang lebih 1 bulan, bibit terong hasil persemaian benih siap ditanam pada polybag yang lebih besar atau ditanam langsung pada lahan.

Demikian ulasan mengenai cara pembibitan terong dari buahnya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih terong berbagai jenis dan varietas ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi : Channel Youtube Zhi 26