Buah manggis adalah salah satu komoditi ekspor andalan Indonesia, karenanya dibutuhkan hasil panen yang berkualitas tinggi dan memenuhi permintaan yang terus bertambah. Teknik pembibitan manggis dapat mempengaruhi pertumbuhannya.

Dalam pembibitan buah manggis terdapat 2 teknik yang disarankan yaitu pembuatan benih dari biji dan memperbanyak benih dengan sambung pucuk. Akan tetapi pada kesempatan kali ini, hanya akan kami ulas mengenai cara pembibitan manggis dari bijinya, berikut ini penjelasan selengkapnya.

PERSIAPAN BIJI DAN PENYEMAIAN

Pembuatan bibit manggis dari biji diproses dari biji yang diambil dari buah manggis yang matang. Buah manggis yang sudah matang ditandai dengan kulit buah yang berwarna merah keunguan.

Pisahkan biji dari daging buahnya dengan cara merendamnya selama 24 jam kemudian bersihkan daging buah secara hati-hati cukup menggunakan tangan kemudian digosok menggunakan abu gosok atau pasir secara perlahan.

Pilihlah biji yang sehat, normal, bernas, berukuran sedang sampai besar dan memiliki bobot 1 gram atau lebih. Rendam biji manggis ke dalam larutan fungisida (kandungan fungisida 0,2-0,3%) selama 5 menit lalu kering anginkan.

Siapkan media penyemaian berupa pasir dengan wadah berupa baki penyemaian atau sejenisnya, susun biji manggis pada media tersebut, berikan jarak dan jangan terlalu rapat. Letakkan persemaian di bawah naungan seperti paranet. Lakukan perawatan pada persemaian seperti menyiramnya setiap hari dan menyianginya dari rumput dan gulma yang tumbuh. Setelah 2-4 bulan bibit manggis hasil penyemaian sudah tumbuh daun dan siap untuk dipindahkan pada media pembesaran.

PEMINDAHAN BIBIT

Pindahkan bibit pada polybag atau sejenisnya yang berisi media yang mengandung bahan organik yang cukup tinggi untuk pembesaran kemudian letakkan di bawah naungan. Untuk memacu pertumbuhannya, sungkup bibit dan berikan alas berupa jerami. Lakukan perawatan pada bibit dengan melakukan penyiraman, penyiangan, penyemprotan pestisida dan pemupukan menggunakan pupuk organik. Pupuk organik berunsur sitokinin digunakan 1 bulan sekali.

Lakukan pengurangan naungan secara perlahan dan bertahap agar saat siap tanam bibit lebih tahan terhadap sinar matahari. Lakukan ini hingga bibit mencapai kondisi siap tanam yaitu tinggi bibit sudah mencapai 75-100 cm dengan diameter batang 1 cm dan memiliki beberapa pasang cabang lateral atau usia bibit sudah mencapai 18-24 bulan.

Demikian ulasan mengenai Cara Pembibitan Manggis, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit manggis ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Pustaka Kementerian Pertanian