Agar tanaman tomat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang lebat, perawatan tanaman tomat harus dilakukan dengan teliti, dalam hal ini ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Berikut ini kami paparkan cara merawat tanaman tomat yang baik.

 

Berikan penopang

Agar tanaman tomat tegak berdiri, tidak miring bahkan roboh, berikan penopang sejenis lanjaran untuk mengikat tanaman tomat, karena batang tanaman tomat tidak sekuat tanaman yang batangnya berkayu.

Perempelan

Setelah tanaman tomat tumbuh, lakukan perempelan atau pembuangan tunas-tunas air yang tumbuh pada ketiak daun, dan sisakan cabang utama, karena tunas air yang tumbuh akan ikut menyerap nutrisi yang terserap dari dalam tanah, sehingga nutrisi yang terserap akan terbagi pada tunas air dan pertumbuhan pucuk batang utama.

Untuk membedakan tunas air dan cabang utama adalah, tempat munculnya, jika tunas air munculnya di ketiak daun, sedangkan cabang utama muncul dari batang utama akan tetapi tidak pada ketiak daun.

Tutup akar yang muncul dipermukaan

Tutup akar yang muncul dipermukaan pada pangkal batang tanaman dengan tanah, supaya akar tersebut ikut membantu akar utama tanaman dalam menyerap nutrisi dari dalam tanah.

Lakukan penyiangan

Lakukan penyiangan dengan membersihkan OPT (organisme pengganggu tanaman) berupa rumput atau gulma, karena OPT tersebut ikut menyerap unsur hara dari dalam tanah dan bersaing dengan tanaman utama, sehingga jika OPT terlalu banyak maka tanaman utama akan kalah. Selain itu OPT juga menjadi sarang hama yang kemudian hama tersebut mengenai tanaman utama dan juga jika OPT terlalu banyak akan menutupi sinar matahari yang mengenai tanah, sehingga tanah menjadi lembab dan menyebabkan hama tanaman berkembang biak dengan baik.

 

Buang daun yang sudah tidak produktif

Buang daun tua di bagian paling bawah karena sudah tidak produktif, dan tetap menyerap nutrisi.

Fotosintesis pada daun dilakukan dengan bantuan sinar matahari sehingga banyak dilakukan pada daun bagian atas karena daun bagian bawah tertutup daun bagian atas dan tidak produktif.

 

Berikan nutrisi pada tanaman

Sebenarnya tanah sudah menyediakan nutrisi bagi tanaman secara alami, akan tetapi setelah ditanami nutrisi tersebut akan semakin berkurang, dan pemulihan nutrisi secara alami sangat lambat, sehingga perlu tambahan nutrisi dengan bantuan manusia.

Karena sejak awal kita menanam dengan sistem organik maka untuk menambah nutrisi pada tanah pun kita lakukan dengan cara organik, yaitu dengan menambah pupuk kandang.

Selain itu juga bisa menggunakan pupuk cair organik yang kita buat sendiri, dengan campuran bahan berupa rendaman sabut kelapa, urin sapi dan air cucian beras yang difermentasi.

Demikian cara merawat tanaman tomat yang baik dengan cara organik, semoga bermanfaat untuk anda semua, selamat bercocok tanam…

 

Untuk membeli benih tomat silakan kunjungi SentraTani.com

Artikel Terkait

Cara Menanam Tomat Anti Gagal Cara menanam tomat anti gagal kira-kira sebagai berikut: Tahap persiapan lahan Lahan harus dibajak atau dicangkul agar subur Buat bedengan ...
Budidaya Tomat Tanaman tomat (Lycopersicon lycopersicum L.) termasuk famili Solanaceae dan adalah salah satu komoditas sayuran yang sangat potensial untuk dikembangk...
Budidaya Tomat Tanaman tomat (Lycopersicon lycopersicum L.) adalah salah satu komoditas sayuran yang sangat potensial untuk dikembangkan. Tanaman ini dapat ditanam s...
Budidaya Tomat Di Dalam Polybag Tomat atau nama ilmiahnya Solanum lycopersicum merupakan buah yang serbaguna, bisa dimakan langsung atau dibuat jus, juga bisa dijadikan bahan sayuran...