Rosella merupakan tanaman cantik yang sangat kaya akan manfaat. Akhir-akhir ini, tanaman rosella banyak diolah dan diproduksi dalam berbagai macam produk kemasan minuman, makanan, obat-obatan tradisional dan bahan alami produk kecantikan. Rosella ini sangat baik untuk dikonsumsi karena mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Diduga tanaman ini dibawa oleh pedagang India saat datang ke Indonesia sekitar abad ke-14.

Jika anda tertarik untuk menanamnya langkah awal yang harus disiapkan adalah benih/biji tanaman rosella tersebut.

Benih tanaman rosella selain dapat dibuat sendiri dari tanaman yang telah ditanam sebelumnya, benih tanaman rosella berkualitas saat ini juga sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian. Selain pemilihan benih berkualitas unggul, untuk mendapatkan bibit tanaman yang bagus tentunya perlu ada teknik penyemaian yang tepat, sehingga saat dipindah tanam pada lahan, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal, di samping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu akan diperoleh keseragaman tanaman dan pertumbuhan tanaman yang kompak dan seragam.

Maka dari itu tahapan proses penyemaian harus dilakukan dengan sebaik mungkin, adapun Cara Menyemai Benih Rosella adalah sebagai berikut:

  • Siapkan wadah persemaian berupa tray semai, baki semai pot atau polybag atau wadah sejenis lainnya.
  • Media semai yang digunakan adalah berupa tanah, sekam bakar, cocopeat, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:1, campurkan semua bahan hingga merata. Masukkan media semai ke dalam wadah persemaian yang telah disiapkan.
  • Masukkan 1 benih per lubang tray semai atau per polybag dengan kedalaman sekitar 1cm.
  • Siram persemaian secukupnya, jangan sampai terlalu basah, kelembaban persemaian harus selalu dijaga, jangan sampai kekeringan.
  • Benih pada persemaian akan mulai berkecambah dan mengeluarkan daun pada usia 2-5 hari setelah penanaman benih.
  • Bibit rosella hasil penyemaian benih sudah dapat dipindah pada pot, polybag yang lebih besar ataupun lahan penanaman sesungguhnya setelah bibit memiliki 4-5 helai daun.
  • Proses pindah tanam bibit rosella sebaiknya dilakukan pada sore hari, lakukan penyiraman setelah selesai penanaman. Untuk mendorong pertumbuhan akar dan mengurangi stress atau kejutan karena pemindahan tanaman, penyiraman dilakukan menggunakan air yang ditambah dengan vitamin B1.

Demikian ulasan mengenai cara menyemai benih rosella, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih rosella ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : ayoo-berkebun.blogspot.com