Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia. Selain terjangkaunya harga, kesegaran dan kelezatan buahnya menjadikan buah ini banyak digemari masyarakat dan juga mudah ditemukan di mana-mana. Dari beberapa jenis buah pepaya, pepaya bangkok asal Thailand ini juga cukup banyak dibudidayakan di Indonesia.

Untuk menanam pepaya bangkok dari biji/benih diawali dengan penyemaian benih. Benih pepaya bangkok berkualitas saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian atau bisa juga membuatnya sendiri, caranya yaitu dengan menggunakan biji pepaya yang diambil dari buah pepaya yang telah masak dan berkualitas baik serta berasal dari pohon pilihan. Caranya, belah buah pepaya, keluarkan bijinya kemudian cuci bersih hingga kulit yang menyelubungi biji terbuang. Selanjutnya, keringkan biji pepaya di tempat yang teduh.

Adapun cara menyemai benih pepaya bangkok selengkapnya adalah sebagai berikut :

Kebutuhan benih pepaya bangkok per hektarnya adalah 60 gram.

Benih pepaya sebaiknya direndam terlebih dahulu dalam larutan bakterisida 2 cc/l selama 1-2 jam, lalu tiriskan dan ditaburi fungisida, kemudian disemai dalam polybag ukuran 20 × 15 cm.

Media yang digunakan merupakan campuran tanah dan pupuk kandang matang yang keduanya telah diayak dengan perbandingan 2:1, ditambah 50 gram TSP dihaluskan, dan 30 gram bakterisida bubuk.

Buat lubang tanam pada media dengan kedalaman 1 cm.

Masukkan benih pada lubang tanam tersebut, kemudian tutup dengan tanah. Selanjutnya, siram benih setiap hari.

Benih akan berkecambah setelah berumur  12-15 hari sejak penyemaian.

Saat bibit hasil persemaian benih telah mencapai ketinggian 15-20 cm atau berumur  45-60 hari, bibit pepaya bangkok sudah siap ditanam pada lahan penanaman sesungguhnya.

Jika untuk dijual, bibit bisa dipindah tanam ke polybag sesuai ukuran bibit, dengan media tanam tanah yang telah dicampur sekam dan pupuk kandang.

Demikian ulasan mengenai cara menyemai benih pepaya bangkok, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih pepaya ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : pertanianku.com