Labu madu atau Butternut squash, Butternut Pumpkin adalah buah yang berasal dari Waltham, Amerika Serikat, bentuknya seperti bohlam, memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur lembut, serta memiliki banyak manfaat bagi tubuh, sangatlah cocok menjadi pilihan makanan sehat bagi keluarga.

Benih-benih labu madu berkualitas yang menghasilkan buah dengan produksi tinggi dan kualitas baik saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian. Selain pemilihan benih unggul tentunya perlu ada teknik penyemaian untuk mendapatkan bibit tanaman yang bagus, sehingga saat dipindah tanam pada lahan, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal, di samping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu akan diperoleh keseragaman tanaman dan pertumbuhan tanaman yang kompak dan seragam serta tingkat adaptasi tanaman yang tinggi saat dipindah ke lahan.

Maka dari itu tahapan proses penyemaian harus dilakukan dengan sebaik mungkin, adapun Cara Menyemai Benih Labu Madu adalah sebagai berikut :

  • Siapkan biji/benih labu madu yang bisa anda dapatkan dari hasil buah penanaman sebelumnya atau dibeli dari toko pertanian, pilih benih berkualitas unggul dan tahan dari serangan hama penyakit.
  • Sebelum disemai rendam terlebih dahulu biji/benih labu madu menggunakan air hangat kuku selama 1-2 jam agar proses perkecambahan lebih cepat
  • Siapkan media semai berupa campuran tanah humus, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1 dan siapkan juga wadah untuk menyemai berupa pot tray semai.
  • Masukkan media ke dalam pot tray kemudian siram secukupnya
  • Tanam benih ke dalam pot tray dengan cara menancapkannya dengan bagian biji yang lancip berada di bawah, usahakan permukaan bijinya masih sedikit tampak/jangan terbenam seluruhnya.
  • Siram persemaian dan letakkan di area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Satu sampai dua minggu setelah semai atau ditandai dengan tumbuhnya daun sejati 1-2 helai, benih sudah siap untuk dipindah tanam pada lahan tanam sesungguhnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Menyemai Benih Labu Madu, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih labu madu ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN