Langkah awal pada proses penyemaian benih cabe merah keriting ini adalah memilih benih yang berkualitas. Cabe merah keriting mempunyai banyak varietas, baik itu dari jenis hibrida maupun lokal. Agar dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal, pilihlah varietas yang paling cocok untuk daerah Anda.

Benih cabe merah keriting berkualitas saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian atau dapat pula membuatnya sendiri, akan tetapi untuk menunjang keberhasilan budidayanya selain benih yang berkualitas tentunya perlu adanya teknik penyemaian untuk mendapatkan bibit tanaman yang bagus, sehingga saat dipindah tanam pada lahan, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal, di samping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu akan diperoleh keseragaman dan pertumbuhan tanaman yang kompak dan seragam.

Untuk itu mari simak ulasan lengkap mengenai Cara Menyemai Benih Cabe Merah Keriting berikut ini :

Penyemaian benih cabe merah keriting sebaiknya menggunakan wadah berupa polybag kecil karena jika penyemaian dilakukan dengan cara ditabur dikhawatirkan ada banyak benih yang berhimpit sehingga tidak dapat digunakan dan ditanam lagi.

Media semai yang digunakan adalah campuran tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 2:1:1. Jika tidak menggunakan arang sekam maka gunakanlah tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1. Sebelum semua media tersebut dicampur, sebaiknya diayak terlebih dahulu supaya halus.

Sebelum disemai, rendam biji cabe merah keriting terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat selama 3 jam, buang benih yang mengapung dan hanya gunakanlah benih yang tenggelam.

Setelah selesai perendaman masukan biji cabe tersebut ke dalam polybag dengan kedalaman 0,5 cm, tutup lubang dengan menggunakan kompos. Lalu beri sedikit air supaya kelembabannya terjaga.

Berikan naungan pada tempat persemaian agar tidak terkena matahari langsung dan guyuran air hujan. Jika diperlukan berikan pelindung pada tempat penyemaian dengan jaring pelindung dari serangga dan hama, sehingga pertumbuhan bibit akan lebih efektif.

Siram persemaian benih tersebut secara rutin setiap harinya. Waktu penyiraman terbaik adalah setiap pagi dan sore hari. Untuk menjaga kelembaban media semai, tutup persemaian menggunakan kertas koran. Buka kertas koran tersebut jika benih telah tumbuh pada usia 3 hari setelah semai.

Setelah berumur 21-24 hari atau telah memiliki daun 3-4 helai, bibit cabe merah sudah siap untuk dipindahkan pada lahan penanaman sesungguhnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Menyemai Benih Cabe Merah Keriting, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih cabe ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : bibitbunga.com