Kencur ( Kaempferia galanga )  merupakan salah satu jenis tanaman obat atau empon-empon yang masuk dalam suku Zingiberaceae atau suku temu-temuan. Kencur merupakan tanaman rimpang yang dapat tumbuh dengan subur pada dataran rendah ataupun pegunungang yang memiliki tanah gembur dengan kadar air yang tidak terlalu banyak. Pada musim penghujan kencur akan tumbuh dengan baik.

Kencur dapat ditanam langsung pada lahan atau dalam polybag, pot ataupun karung, akan tetapi pada kesempatan kali ini akan kita ulas mengenai Cara Menanam Kencur dalam Polybag.

Persiapan Bibit

Agar kencur yang dihasilkan nantinya berkualitas, pilihlah bibit kencur yang berkualitas. Pilihlah rimpang kencur yang tua yaitu telah berumur sekitar 10 bulan, telah memiliki calon tunas (minimal dua calon tunas).

Setelah rimpang untuk bibit diperoleh, letakkan bibit-bibit tersebut pada tempat yang tidak terkena matahari secara langsung selama beberapa hari hingga siap tanam.

Persiapan Polybag

Siapkan polybag atau pot yang berukuran agak besar, jika anda ingin yang lebih besar anda dapat menggunakan karung. Isikan media tanam kedalamnya. Media tanam yang digunakan berupa campuran tanah, pupuk kandang atau pupuk kompos, bisa juga campuran tanah dan pasir dengan perbandingan 4 : 1. Setelah diisi media tanam, letakkan polybag, pot arau karung tanam tersebut pada tempat yang teduh selama sekitar 1 hingga 2 hari sampai kondisi tanah stabil.

Tahap Penanaman

Buatlah lubang tanam pada media dalam polybag, tanam rimpang/bibit sedalam 5 hingga 7 cm atau disesuaikan dengan panjang rimpang bibit kencur menggunakan pisau atau yang lainnya. Dalam satu media tanam, ditanami 2 rimpang bibit dengan jarak penanaman sekitar 10 cm hingga 15 cm. Posisi penanaman yaitu bagian calon tunas menghadap ke atas.

Tahap Perawatan

Perawatan tanaman kencur meliputi penyiraman, pemupukan, penyiangan dan pengendalian hama penyakit.

Lakukan perawatan pada tanaman berupa penyiranaman secara rutin yaitu 2 kali sehari pada pagi dan sore hari apabila tidak hujan.

Agar lebih sehat maka lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos saja.

Jika ada rumput yang tumbuh disekitar tanaman maka segera bersihkan dengan cara mencabutnya.

Hama yang sering menyerang tanaman kencur adalah ulat pemakan daun, pengendalian hama ini dapat dilakukan secara manual yaitu dengan mengambil bagian yang terserang hama tersebut kemudian hama tersebut dimatikan.

Pemanenan Kencur

Rimpang kencur sudah dapat dipanen mulai usia 6 bulan untuk konsumsi. Nah, kalau untuk kebutuhan industri, sebaiknya dipanen pada usia 8 bulan. Dan kalau rimpang kencur untuk dijadikan bibitnya, panen dilakukan pada umur 10 sampai 12 bulan.

Selain rimpangnya, daun mudanya juga dapat dimanfaatkan sebagai lalapan atau daun-daunan dalam pecel.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Kencur dalam Polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit, benih, pupuk, pestisida maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Tips Pendidikan