Hal yang sering terjadi dalam budidaya durian adalah rontok bunga dan bakal buah, kerontokan ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :

  • Faktor biologis biasanya berupa serangan hama dan penyakit.
  • Faktor fisik yaitu cuaca, yang bisa menyebabkan bunga tidak bisa melakukan penyerbukan yang berakibat kerontokan
  • Kesehatan pohon
  • Kegagalan penyerbukan
  • Umur dan diameter cabang
  • Penyemprotan bahan kimia, bunga pada pohon durian ini sangat rentan pada bahan kimia seperti pupuk daun, pupuk buah, insektisida, dan fungisida. Hal ini menyebabkan kerontokan bunga karena bahan kimia tersebut merupakan bahan asing bagi bunga, sehingga mengganggu proses pembungaan.

Adapun cara mengatasi rontok bunga dan buah durian adalah sebagai berikut :

Mengatasi Rontok Bunga

  • Rajin melakukan penyiraman

Meskipun kelebihan air tidak baik untuk bunga dan menyebabkan kerontokan, tetapi tanaman durian tidak boleh kekurangan air. Jika sudah musim berbunga, maka sebaiknya lebih sering menyiraminya supaya tanah tidak kekeringan, terutama pada musim kemarau. Saat tanaman sedang berbunga, justru lebih membutuhkan nutrisi dan air supaya dapat membuat bunga menjadi sehat dan kuat.

Akan tetapi penyiraman harus dilakukan secukupnya saja sehingga tanah menjadi lembab, jangan sampai becek apalagi sampai tergenang.

 

  • Upayakan Menanam Lebih Dari Satu Tanaman

Salah satu faktor yang menyebabkan rontoknya bunga adalah tidak adanya penyerbukan silang. Jika selama ini tanaman durian yang ditanam hanya satu dan sering mengeluarkan bunga tetapi sering gugur dan tidak bisa berbuah, maka mungkin inilah faktor penyebabnya. Maka, sebaiknya usahakan untuk menanam lebih dari satu pohon supaya penyerbukan silang bisa terjadi.

 

  • Penuhi Nutrisi Tanaman

Jika kerontokan bunga disebabkan oleh faktor kurangnya nutrisi, maka berilah pupuk kalium baik dalam bentuk tunggal maupun majemuk. Atau pemupukan juga bisa dilakukan dengan memberikan pupuk fosfat yang dikombinasikan dengan kalium. Kombinasi kedua pupuk ini akan sangat bermanfaat untuk tanaman supaya berbuah dan berbunga secara normal.

Pupuk yang mengandung kalium sebaiknya diberikan pada tahap awal sebelum pembungaan berlangsung dan pasca persarian selesai sehingga nutrisi ini dapat dimanfaatkan oleh tanaman secara optimal.

Itulah cara merawat pohon durian yang sedang berbunga sehingga tidak terjadi kerontokan.

Mengatasi Rontok Bakal Buah

Jika anda melihat bakal buah durian/pentil yang rontok jangan panik, coba perhatikan pohon dan bekas tangkainya, jika pohon durian masih pendek dan tangkai mengecil itu seleksi alam.

Tapi kalau rontok terlalu banyak dan tidak menyisakan satu buah pun dalam satu dompol maka yang harus dilakukan adalah :

  1. Siram tanaman dua hari sekali

Penyiraman dilakukan secukupnya saja sehingga tanah menjadi lembab, jangan sampai becek apalagi sampai tergenang.

Memberikan pasokan air yang cukup sangat penting dilakukan, agar proses pembentukan dan pengisian buah akan berlangsung baik.

  1.  Taburkan dolomit atau kapur pertanian di bawah tajuk.

Selain melakukan dua cara diatas lakukanlah pengamatan terhadap bakal buah durian tersebut.

Kelopak bunga kering yang masih menempel pada bakal buah menjadi tempat bersarang hama ulat, kutu salju dan semut.

Jika penyebab kerontokan pada bakal buah durian adalah hama, maka secepatnya harus kita basmi.

Caranya yaitu dengan menyemprotkan  insektisida yang biasa ditemukan di pasaran atau toko pertanian, adapun dosisnya sesuaikan dengan dosis yang tertera pada label kemasan insektisida.

Lakukan penyemprotan insektisida pada buah terutama pada bagian dekat tangkai, dan lakukan penyemprotan kembali ketika buah sudah seukuran genggaman orang dewasa.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi rontok bunga dan buah durian, semoga menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit durian atau perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com