Cara Mencangkok Pohon Pepaya California

Tanaman Pepaya (Carica Papaya L) merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Nikaragua. Kemudian tanaman pepaya meluas dan dibudidayakan di negara-negara tropis termasuk Indonesia.

Tanaman pepaya varietas California merupakan salah satu jenis pepaya yang sedang digandrungi dan mulai banyak dibudidayakan oleh para petani, karena sangat menjanjikan keuntungan. Pepaya California ini memiliki sifat dan keunggulan tersendiri yaitu buahnya tidak terlalu besar dengan bobot 0,8 – 1,5 kg/buah, berkulit hijau tebal dan mulus, berbentuk lonjong, buah matang berwarna kuning, rasanya manis, daging buah kenyal dan tebal.

Perbanyakan/pembibitan tanaman buah pepaya california selain dapat dilakukan dengan cara generatif atau dari biji dapat pula dilakukan dengan cara vegetatif yaitu cangkok.

Tanaman pepaya yang ditanam dari perbanyakan vegetatif berupa cangkok memiliki keunggulan tersendiri diantaranya adalah memiliki sifat yang sama dengan induknya, lebih cepat berbuah dan tanaman tumbuh pendek.

Setelah pada artikel sebelumnya dijelaskan mengenai cara mencangkok pohon pepaya yang dilakukan pada cabang, pada kesempatan kali ini akan kita ulas mengenai pencangkokan pohon pepaya california pada batang utama.

Untuk penjelasan selengkapnya mari simak ulasan mengenai Cara Mencangkok Pohon Pepaya California berikut ini :

Sebelum memulai pencangkokan siapkan terlebih dahulu bahan dan alat-alat yang dibutuhkan :

  • Pisau yang tajam
  • Bawang merah
  • Moss atau tanah yang subur
  • Gelas plastik bekas air mineral
  • Plastik pembungkus dengan ukuran 0,5 kg, pilih yang agak tebal kira-kira 0,5 mm
  • Plastik berwarna gelap untuk menutup cangkokan
  • Tali pengikat

PEMILIHAN POHON INDUKAN

Langkah awal adalah pemilihan pohon pepaya california yang akan dijadikan indukan untuk dicangkok, pilih pohon induk yang berkualitas unggul, produktivitas tinggi, bebas dari serangan hama dan penyakit dan karena pohon yang akan kita cangkok kali ini dilakukan pada batang utama maka pilihlah pohon yang sedang tidak berbuah atau sedang berbuah tetapi sedikit.

TAHAP PENCANGKOKAN

  • Olesi pisau dengan bawang merah secara merata, dimana bawang merah ini berfungsi untuk merangsang tumbuhnya akar.
  • Iris batang utama yang akan dicangkok dari bawah ke atas secara menyerong hingga kedalaman sekitar 2/3 dari batang atau hingga mencapai tengah batang
  • Gunting gelas plastik bekas air mineral pada bagian sisi sampingnya, potong membentuk persegi panjang, kemudian lipat dan sisipkan pada potongan batang yang telah diiris sebelumnya, potong bagian yang tidak diperlukan, tujuannya yaitu untuk memisahkan antara potongan atas dan bawah agar kambium tidak menyatu kembali dan agar mudah keluar akar
  • Siapkan media untuk mencangkok berupa moss yang sudah direndam sekitar 3 hari, moss berasal dari akar paku-pakuan atau kadaka. Jenis tumbuhan tresebut melekat di batang pohon besar di hutan. Keunggulan moss yaitu daya mengikat dan menyimpan air sangat baik, aerasi dan drainase udara baik, tidak cepat lapuk, mengandung unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman, rongga udara banyak sehingga akar dapat tumbuh dan berkembang dengan leluasa, jika tidak ada bisa juga menggunakan tanah yang subur untuk menggantikan moss.
  • Peras moss kemudian masukkan kedalam plastik berukuran 0,5 kg dan padatkan, isi hingga ¼ bagian plastik, kemudian lipat plastik dan belah menggunakan pisau.
  • Balutkan moss tersebut pada batang yang akan dicangkok yang telah diiris sebelumnya, kemudian ikat menggunakan tali. Selanjutnya tutup menggunakan plastik gelap, ikat pada bagian atasnya saja agar mudah saat akan melakukan pemantauan pertumbuhan akar.
  • Cangkokan siap ditanam atau turun cangkok dapat dilakukan setelah usia cangkok sekitar 40 hari.
  • Tanaman pepaya california yang dicangkok pada batang utamanya biasanya akan muncul tunas baru dibawah cangkokan tersebut sehingga nantinya tunas tersebut dapat dicangkok pula.

Demikian ulasan mengenai Cara Mencangkok Pohon Pepaya Yang Benar, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih pepaya ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Agro Toko