Cara Mencangkok Pohon Duku

Siapa saja tentu menginginkan tanaman duku yang dibudidayakan cepat berbuah dan  dengan kualitas yang unggul. Saat ini hal tersebut bukanlah hal yang mustahil untuk direalisasikan. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan menanam bibit duku dari cangkok.

Apa itu cangkok? Cangkok adalah suatu cara perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan membiarkan suatu bagian tanaman menumbuhkan akar sewaktu bagian tersebut masih tersambung dengan tanaman induk dengan cara dan teknik tertentu.

Metode perbanyakan tanaman menggunakan metode cangkok ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan perbanyakan menggunakan biji. Diantaranya yaitu mempunyai sifat yang sama dengan induknya, sehingga jika bibit cangkok diambil dari indukan yang berkualitas unggul maka bibit hasil cangkok akan mewarisi sifat unggul tersebut. Selain itu tanaman juga akan lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan pembibitan melalui biji serta dengan postur tanaman yang lebih pendek.

Untuk mengetahui bagaimana cara mencangkok pohon duku yang baik dan benar agar berhasil mendapatkan bibit yang baik, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

ALAT DAN BAHAN

  • Pisau yang tajam
  • Media cangkok berupa campuran tanah dan arang sekam padi dengan perbandingan 1:1
  • Plastik transparan untuk membungkus cangkokan
  • Tali rafia untuk mengikat cangkokan

TAHAP PENCANGKOKAN

  • Pilih cabang pohon duku dari pohon induk yang berkualitas unggul, sehat, bebas dari hama dan penyakit dan produktivitasnya tinggi.
  • Buat 2 keratan melingkar dengan jarak  antar keratan 5 cm, kemudian kupas kulit batang pohon di antara keratan tersebut. Kerik bagian yang dikupas kulitnya hingga kambium atau lendirnya benar-benar bersih, tidak licin dan kering.
  • Langkah berikutnya adalah membungkus batang cangkok yang telah dikupas kulitnya  dengan media cangkok yaitu campuran tanah dan arang sekam padi.
  • Balutkan media cangkok tersebut pada batang yang akan dicangkok menggunakan plastik untuk membungkusnya dan tali rafia untuk mengikat. Atur sedemikian rupa hingga media terikat erat dan tertutup rapat.
  • Buat beberapa lubang-lubang kecil di bagian atas cangkokan untuk memudahkan dalam penyiraman. Buat pula lubang yang sama di bagian bawah untuk mengalirkan kelebihan air siraman agar tidak menggenang di dalamnya karena dapat menyebabkan busuk akar.

Setelah cangkokan pohon duku berumur 3 minggu, biasanya sudah mulai keluar akar. Demikian ulasan mengenai Cara Mencangkok Pohon Duku, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman duku ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube tanaman channel