Cara Mencangkok Jeruk Kasturi

Jeruk kasturi (Citrus microcarpa) buahnya berbentuk bulat dan berukuran kecil mirip jeruk nipis, namun memiliki daging buah yang berwarna jingga. Kulit buahnya berwarna hijau tua saat masih muda, sedangkan saat sudah matang akan berwarna kekuningan. Baik masih muda ataupun matang, rasa buah ini tetaplah masam sehingga jarang dikonsumsi langsung dalam keadaan segar seperti halnya jeruk manis.

Pohonnya kecil mirip semak dengan ketinggian maksimal 3-4 meter dan batang yang bercabang banyak.

Untuk menanam jeruk kasturi, dapat dilakukan dengan menanam bibitnya yang mana bibit tersebut salah satunya dapat diperoleh dengan cara mencangkok.

Mencangkok adalah suatu cara perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan membiarkan suatu bagian tanaman menumbuhkan akar sewaktu bagian tersebut masih tersambung dengan tanaman induk dengan cara dan teknik tertentu.

Metode perbanyakan tanaman menggunakan metode cangkok ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan perbanyakan menggunakan biji, diantara keunggulannya yaitu mempunyai sifat yang sama dengan induknya, sehingga jika bibit cangkok diambil dari indukan yang berkualitas unggul maka bibit hasil cangkok akan mewarisi sifat unggul tersebut. Tanaman akan lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan pembibitan melalui biji, kualitas dan kuantitas buah yang dihasilkan sama dengan induknya. Tingkat keberhasilannya tinggi serta postur pohon nantinya tidak terlalu tinggi bahkan bisa diatur sesuai keinginan.

Related Post

Jika Anda tertarik untuk mencangkoknya, berikut ini kami ulas penjelasan mengenai cara mencangkok jeruk kasturi selengkapnya

ALAT DAN BAHAN

Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam mencangkok jeruk kasturi adalah

  • Tanaman induk jeruk kasturi
  • Pisau yang tajam
  • Media cangkok berupa tanah hitam yang gembur
  • Bawang merah untuk merangsang tumbuhnya akar
  • Plastik untuk membungkus cangkokan
  • Tali rafia untuk mengikat cangkokan

TAHAP PENCANGKOKAN

  • Untuk mencangkok, pilihlah dari pohon induk yang berkualitas unggul, sehat, bebas dari hama dan penyakit serta produktivitasnya tinggi.
  • Pilih cabang yang akan dicangkok dari pohon induk jeruk kasturi berupa cabang yang berumur sedang, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua yang ditandai dengan batang yang berwarna hijau bergaris-garis coklat. Pilihlah batang yang tumbuh mengarah ke atas. Untuk cangkok jeruk kasturi ini tidak perlu batang yang besar, bahkan batang sebesar pensil pun sudah dapat dicangkok.
  • Buat 2 keratan melingkar dengan jarak 3-5 cm, kemudian kupas kulit batang pohon di antara keratan tersebut.
  • Kerik bagian yang dikupas kulitnya hingga kambium atau lendirnya benar-benar bersih, tidak licin dan kering.
  • Oleskan bawang merah pada keratan atas yaitu di atas batang yang dikupas kulitnya hingga cairannya menempel pada batang cangkok, dimana bagian tersebut nantinya merupakan tempat tumbuhnya akar. Fungsi dari bawang merah ini adalah untuk merangsang tumbuhnya akar.
  • Langkah berikutnya adalah membungkus keratan dengan media cangkok. Caranya, masukkan media cangkok yaitu berupa tanah hitam gembur dan lembab ke dalam kantong plastik sedang (menyesuaikan ukuran batang yang akan dicangkok) hingga hampir penuh, kemudian ikat rapat. Kemudian belah separuhnya  dan balutkan pada batang yang akan dicangkok. Atur sedemikian rupa agar dapat menutup rapat kemudian ikat agar erat dan tidak mudah lepas. Agar lebih mudah bisa juga diikat menggunakan lakban.
  • Buat lubang-lubang kecil pada plastik pembungkus cangkok menggunakan lidi atau ranting yang diruncingkan, fungsi lubang-lubang kecil ini adalah untuk sirkulasi udara.
  • Jika pencangkokan dilakukan saat musim kemarau perlu dilakukan penyiraman pada cangkokan, lakukan penyiraman secukupnya saja, cukup hanya sampai tanah lembab, akan tetapi jika pencangkokan dilakukan pada musim hujan penyiraman tidak perlu dilakukan.

Akar pada cangkokan jeruk kasturi biasanya akan tumbuh setelah kurang lebih 1 bulan sejak pencangkokan. Dan setelah cangkokan berumur 2 bulan, atau akar sudah tumbuh banyak dan berwarna coklat itu artinya batang yang dicangkok sudah siap dipotong untuk ditanam atau biasa disebut dengan turun cangkok.

Demikian ulasan mengenai cara mencangkok jeruk kasturi, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit jeruk kasturi maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Fauzi Rizky Harahap