Cara Menanam Srikaya Dalam Pot

Srikaya merupakan tanaman buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Srikaya memiliki buah yang bentuknya bulat dan kulit buahnya bermata banyak (bersisik) layaknya sirsak. Daging buahnya lunak, berwarna putih, dan memiliki biji berwarna hitam di dalamnya. Selain sebagai konsumsi buah yang menyehatkan, srikaya juga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Srikaya kaya akan energi makanan dan merupakan sumber zat besi yang baik.

Jika Anda mencari tanaman yang bisa ditanam dalam pot dan berbuah sepanjang tahun, maka srikaya jawabannya. Tanaman srikaya ini jika dilakukan pemangkasan dan perawatan rutin maka tinggi pohon pas untuk tanaman tabulampot. Selain itu, srikaya juga bisa beradaptasi dengan baik pada berbagai kondisi tanah dan iklim.

Jika Anda tertarik untuk membudidayakannya, berikut ini kami ulas penjelasan mengenai cara menanam srikaya dalam pot.

PERSIAPAN BIBIT

Pembibitan tanaman srikaya dapat dilakukan secara generatif atau melalui biji yang disemai pada lahan semai, kemudian biji akan berkecambah setelah 2-4 minggu dari penyemaian. Setelah bibit berumur 6 bulan maka selanjutnya dapat ditanam di lahan penanaman.

Namun untuk penanaman dalam pot sebaiknya menggunakan bibit hasil perbanyakan secara vegetatif seperti grafting, okulasi dan juga cangkok.

PERSIAPAN POT DAN MEDIA TANAM

Untuk menanam srikaya, pilihlah pot yang berukuran besar dengan diameter kurang lebih 40 cm atau bisa juga menggunakan drum bekas yang dipotong menjadi 2 bagian.

Setelah pot siap, selanjutnya isi dengan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Masukkan media tanam tersebut ke dalam pot namun jangan sampai penuh cukup hingga sampai leher pot saja, atau sisakan 20 cm dari bibir pot.

Sebelum ditanami, terlebih dahulu diamkan media dalam pot tersebut selama 1 minggu.

PENANAMAN

Buatlah lubang tanam tepat di tengah media dalam pot dengan ukuran menyesuaikan besar dan tinggi poybag bibit yang akan ditanam.

Buka polybag bibit, namun lakukan dengan hati-hati, usahakan media tanam dalam polybag tersebut tidak pecah atau hancur, karena media tersebut berfungsi sebagai bahan makanan awal sampai akar tanaman srikaya menjulur dan beradaptasi. Masukkan bibit pada lubang tanam dan tutup dan sedikit padatkan agar bibit erat tertanam, kemudian siram secukupnya.

Agar tanaman tidak layu dan dan pertumbuhannya lebih cepat, sebaiknya tanaman diletakkan di tempat teduh selama 1 minggu.

Demikian ulasan mengenai cara menanam srikaya dalam pot, adapun mengenai cara perawatan tanaman srikaya, akan kami ulas pada artikel berikutnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman srikaya ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube guru tanaman

Bacaan Terkait