Cara Menanam Sirsak dari Biji

Untuk membudidayakan sirsak, selain dapat ditanam dari bibit yang dibeli di toko bibit juga dapat ditanam dari bijinya. Adapun biji sirsak untuk ditanam ini dapat diperoleh dengan mudah yaitu dari biji buah yang kita konsumsi baik itu dari hasil panen sendiri atau buah yang dibeli di pasar.

Menanam sirsak dari biji ini tergolong mudah, namun meskipun demikian harus dilakukan dengan benar agar nantinya dapat menghasilkan bibit tanaman sirsak yang pertumbuhannya baik dan subur.

Nah, pada kesempatan kali ini akan kami ulas mengenai Cara Menanam Sirsak dari Biji, berikut ini penjelasannya.

PERSIAPAN BIJI

Biji sirsak yang akan ditanam dapat diambil dari buahnya. Pilihlah buah sirsak kualitas unggul yang sudah benar-benar tua dan matang agar dapat tumbuh dengan baik.

Keluarkan biji dari buahnya, pilihlah biji yang bentuknya sempurna dan tidak cacat Cuci biji hingga bersih dari lendir sisa daging buah agar tidak menimbulkan tumbuhnya jamur, dan mengundang datangnya hama seperti semut dan lain sebagainya. Rendam biji sirsak beberapa saat dan biji siap untuk ditanam.

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Setelah biji siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanamnya. Komposisi media tanam yang digunakan yaitu tanah, dan sekam padi dengan perbandingan 1:1 kemudian aduk hingga tercampur merata.

Masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag sedang atau besar atau bisa juga menggunakan wadah sejenis lainnya.

PENANAMAN BIJI

Susun biji pada media tanam yang telah disiapkan secara merata, berikan jarak dan jangan terlalu rapat, kemudian tutup menggunakan media seperti media yang digunakan untuk media tanam dan ikuti dengan penyiraman.

Setelah 30 hari dari penanaman, biji sirsak yang ditanam sudah mulai tumbuh, dan setelah 35 hari, bibit sudah memiliki daun                      

Dan setelah bibit sirsak berumur 66 hari, bibit sudah memiliki beberapa daun dan pada usia ini saatnya melakukan pemisahan bibit dengan menanamnya pada polybag agar pertumbuhannya dapat optimal.

PENANAMAN BIBIT

Setelah bibit sirsak berumur 66 hari, saatnya melakukan pemisahan bibit dengan menanamnya pada polybag agar pertumbuhannya dapat optimal.

Siapkan polybag dan media tanam berupa tanah humus dan sekam padi mentah dengan perbandingan 1:1, campurkan dengan mengaduknya hingga merata, lalu masukkan ke dalam polybag.

Tanam bibit sirsak dengan terlebih dahulu mencabutnya secara hati-hati dari media sebelumnya agar tidak merusak perakaran. Agar pencabutan bibit lebih mudah lakukan penyiraman terlebih dahulu pada media tanamnya.

Buat lubang tanam pada media dalam polybag disesuaikan dengan ukuran bibit, kemudian tanam bibit pada media tanam tersebut dengan menanam 1 bibit pada setiap polybag.

Dengan penanaman 1 bibit pada setiap polybag maka diharapkan pertumbuhannya dapat lebih optimal.

Bibit sirsak yang ditanam dari biji ini nantinya dapat digunakan sebagai batang bawah dalam melakukan sambung pucuk, sambung sisip ataupun okulasi, dengan menggunakan entres dari sirsak unggulan agar nantinya bibit sirsak tersebut lebih cepat berbuah dengan kualitas unggul pula.

Demikian ulasan mengenai cara menanam sirsak dari biji, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman sirsak ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Tutorial Grafting